Badan Keuangan dan Inspektorat Minut, “Aktor” Dibalik Suksesnya Capaian Opini WTP

oleh -12 views
Petrus Macarau dan Umbase Mayuntu.

MINUT– Raihan opini Wajar Tanpa Pengecualiaan (WTP) yang diraih Kabupaten Minahasa Utara (Minut) untuk yang ke-4 kalinya, tak lepas dari kerja keras para Perangkat Daerah, terlebih khusus Badan Keuangan dan Inpektorat Kabupaten Minahasa Utara.

Suksesnya Minut meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) tak lepas dari keseriusan dua SKPD ini.

Hal ini tidak berlebihan mengingat Badan Keuangan Minut  yang dipimpin Petrus Macarau, tak henti-hentinya mengadakan pelatihan pengelolaan keuangan  dan perencanaan dan penyusunan anggaran. Semua mekanisme penggangaran dan pencairanpun dijalankan sesuai dengan mekanisme regulasi yang ada.

Sementara Inspektorat yang dipimpin oleh Umbase Mayuntu sebagai institusi pengawas internal di Minut, berusaha semaksimal mungkin melakukan tugas dan fungsinya. Dengan proses  terstrukutur dengan mengedepankan pembenahan fungsi di segala bidang, penerapan standart akuntansi pemerintah, pengungkapan yang cukup, kepatutan terhadap perundang-undangan serta efektifitas  system pengendalian intern.

Baca juga:   Tunggak Rp634 Juta Raskin. Mingkid: Secepatnya Akan Diselesaikan

Saat diwawancarai usai menerima LHP dari BPK (27/5/2018) lalu, Kaban Keuangan Minut Petrus Macarau mengatakan beberapa hal yang akan dilakukan untuk mempertahankan capaian.

“Berikut yang harus dilakukan adalah mempertahankan opini WTP agar tahun depan kita bisa meraih Quatrick. Meskipun kita diberikan kesempatan oleh BPK selama 60 hari kedepan untuk memperbaiki laporan hasil pertanggungjawaban. Kita harus fokus pada bagaimana mengantisipasi kesalahan penggunaan anggaran yang tidak sesuai dengan aturan. Bukan lagi bagaimana cara memperbaiki kesalahan baik perencanaan, penggunaan serta mekanisme penyalurannya,” kata Macarau.

Senada dikatakan Inspektur Minut Umbase Mayuntu.

”WTP ini adalah hasil kerja keras dari semua stakeholder yang harus dipertahankan.  Semua ini dikerjakan oleh Tim Kerja Bupati, baik Badan Keuangan, Inspektorat, Bapelitbang, para kepala SKPD, TUP yang tentunya atas petunjuk dan arahan ibu Bupati Vonnie Aneke Panambunan. Memang dalam bekerja pasti ada temuan-temuan namun semua dapat diyakini untuk diperbaiki,” ujar Mayuntu.

Baca juga:   RDP DPRD Minut Ungkap Suap Pengangkatan CPNS 96 Sekdes

Ditambahkan  Mayuntu, dalam penyusunan laporan ini inspetorat Minut sebagai lembaga pengawas internal Pemkab Minut turun ke lapangan . Selain melakukan pemeriksaan di tiap kecamatan, mereka juga turun memeriksa sekolah-sekolah dan lembaga pemerintahan lainnya di Minut.

Minut merupakan salah satu Kabupaten yang menerima opini WTP bersama dengan 13 Kabupaten-Kota lainnya. Sementara Kabupaten Bolaang Mongondow BPK RI Perwakilan Sulut Tidak Memberikan Pendapat atau Disclaimer.

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.