Badan Keuangan Gelar Bimtek Penyusunan Analisis Standard Belanja Pemkab Minut Tahun 2019

oleh -14 views
Badan Keuangan Minut menggelar Bimtek Penyusunan Anggaran Standard Belanja tahun 2019.

MINUT- Bimbingan Teknik (Bimtek) Penyusunan Analisis Standart Belanja (ASB) pemerintah daerah digelar Badan Keuangan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara di Hotel Sutan Raja, Selasa (21/5/2019). Bimtek mengenai penyusunan analisis standart belanja pemerintah daerah,  dibuka Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Minutt Drs Allan Mungkid, mewakili Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan, dan diikuti oleh perangkat daerah Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara. Kegiatan ini akan dilaksanakan sampai Jumat (24/5/2019).

Membacakan sambutan Bupati Minut Vonnie Panambunan, Mingkid mengatakan jika bimtek penyusunan analisis standart belanja pemerintah kabupaten sangat strategis, sebagai bahan dasar untuk menyatukan persepsi dan pemahaman yang sama sesuai dengan regulasi peraturan yang ada.

“Analisis standart belanja daerah tentunya disesuaikan dan mengacu pada APBD dan DPA perangkat daerah, dengan memperhatikan standart aturan.
Bimtek ini untuk menyamakan kesepahaman analisis standart belanja sesuai dengan program dan kegiatan daerah yang efesien dan efektif,” kata Mingkid.

Baca juga:   Henri Walukow Jadi Pembicara di Talkshow Proyek Gold ISMIA Bantuan Dana UNDP

Dalam kegiatan yang sama, Kepala Badan Keuangan Minut, Petrus Macarau dalam laporannya mengatakan, penerapan ASB ini perlu untuk meningkatkan efesiensi, efektivitas dan ekonomi RKA-APBD. Sebab penyusunan ASB ini bertujuan untuk membentuk model yang digunakan untuk menilai kewajaran beban kerja dan belanja dalam melaksanakan kegiatan di masing-masing unit kerja. Selain itu, pengembangan ASB digunakan sebagai dasar pengukuran kinerja keuangan daerah dalam penyusunan APBD.

“Kiranya peserta dapat mengetahui dan memahami sesuai dengan aturan yang berlaku dalam pengaplikasiannya terhadap penyusunan ASB yang bermanfaat sebagai komponen pengukur efesiensi anggaran dalam pengelolaan keuangan daerah,” ungkap Macarau.

Turut dalam kegiatan ini, para kepala perangkat daerah, sekretaris perangkat daerah, para bendahara dan undangan lainnya. Sebagai narasumber dalam kegiatan ini yakni Perwakilan BPKP dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Sulut.

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.