Dandes Cair, 5 Desa di Posumaen Mitra Mulai Bangun Infrastruktur

oleh -3 views
Camat Djemi Y Walukow

MITRA — Pembangunan di 5 desa di Kecamatan Pusomaen Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2019, mulai dikerjakan.

Camat Djemi Y Walukow mengatakan, proyek pembangunan bagi kebutuhan masyarakat desa itu di antaranya drainase, irigasi, peningkatan jalan, Tempat Pembuangan Akhir (TPA), program pemberdayaan masyarakat dan pemanfaatan destinasi wisata. Total 15 desa di bawah pemerintahannya, baru 5 yang lengkap pertanggung-jawaban sehingga sudah cair dana dan memulai kembali kegiatan pembangunan.

“Dana Desa sudah (cair) bagi 5 desa. Yaitu desa Bentenan Indah, Bentenan Satu, Bentenan, Minanga Tiga dan Minanga. Sementara 10 desa lainnya belum, karena masih harus melengkapi pembayaran pajak Dana Desa tahun 2018 dan galian C, serta pertanggung-jawaban Dana SILPA (Sisa Lebih Pakai). Tugas kami di kecamatan mengawasi dan menanda-tangani rekomendasi. Sedangkan pelaporan langsung ke Pemkab,” ujar Walukow di kantornya Rabu (15/5/2019).

Sementara Hukum Tua Desa Bentenan Dewi Sahelangi mengatakan, sejumlah kegiatan pembangunan fisik dan non-fisik dilakukan pihaknya. “Kami mengerjakan pembangunan drainase sepanjang 100 meter dengan biaya Rp 63 juta lebih pembangunan TPA Rp 35 juta lebih. Kemudian ada kegiatan pelayanan masyarakat seperti Posyandu dan Lansia, tutorial PAUD. Seluruh kegiatan bagi kemajuan masyarakat desa,” ujarnya.

Baca juga:   James Sumendap: Kepala SKPD Harus Bisa Mengoperasikan Komputer

Hukum Tua Desa Bentenan Satu Nur Aini Mokoagow menambahkan, kegiatan di desanya juga sedang dilaksanakan. “Proyek fisik di desa kami ada pembangunan trotoar sepanjang 235 meter biaya Rp 100 juta. Sedangkan Rp 21 juta untuk membiayai program pemberdayaan masyarakat. Semoga warga menikmati pembangunan sampai di pelosok desa,” tandasnya.
(Thety Metuak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.