Seorang Turis Jatuh ke dalam Kaldera Gunung Berapi Aktif di Hawaii

oleh -6 views
Kawah Gunung Kilauea.

Hawaii, – Seorang turis jatuh ke dalam kaldera sebuah gunung berapi aktif di Hawaii. Penyebabnya, pria yang namanya dirahasiakan itu nekat memanjat pagar pembatas di Hawaii Volcanoes National Park demi bisa melihat pemandangan kaldera Gunung Kilauea.

Si turis tidak bisa menahan rasa penasarannya terhadap kaldera Gunung Kilauea sehingga nekat memanjat pagar pembatas. Saat memanjat, si turis kehilangan pijakan dan jatuh ke dalam kaldera gunung berapi aktif itu.

Batas pengaman di Gunung Kilauea.
Batas pengaman di Gunung Kilauea.

Ia terjatuh sejauh 21 meter ke dalam kaldera Gunung Kilauea. Kaldera adalah kawah gunung berapi yang sangat luas, terjadi karena letusan vulkanik atau runtuhnya bagian puncak gunung berapi. Untungnya, nyawa pria nekat ini bisa diselamatkan oleh para petugas taman nasional dan pemadam kebakaran.

Pengunjung seharusnya tidak melewati batas pengaman, terutama di sekitar daerah berbahaya dan tebing yang kurang stabil,” kata John Broward, kepala petugas Taman Nasional Hawaii Volcanoes.

Baca juga:   Potong Tangan Demi Kejar Asuransi 6,4 Milyar

Melewati batas pengaman dan memasuki area tertutup bisa mengakibatkan cedera parah dan bahkan kematian,” lanjutnya, sebagaimana dilansir The New York Times.

Pria ini cukup beruntung. Gunung Kilauea sekarang sedang tidak erupsi. Tapi menurut pernyataan dari Hawaiian Volcano Observatory, Gunung Kilauea merupakan salah satu gunung api paling aktif di dunia.

Letusan Gunung Kilauea.
Letusan Gunung Kilauea.

Badan Geologi Amerika Serikat (Unites States Geological Survey/USGS) telah memberi peringkat ancaman bahaya “sangat tinggi” terhadap Gunung Kilauea. Pada erupsi 2018, Gunung Kilauea mengeluarkan abu, gas, dan lava yang menghancurkan kira-kira 700 rumah di Hawaii.

Kembali pada kisah nekat si turis. Pria ini jatuh ke dalam kaldera sekitar pukul 18.30 waktu setempat. Ia jatuh di daerah Steaming Bluff.

Keberadaannya baru diketahui para petugas taman nasional dan pemadam kebakaran pada pukul 21.00 waktu setempat. Ia ditemukan dalam posisi terbaring di sebuah pinggiran sempit di ujung tebing.

Baca juga:   Es Mencair, Jenazah Para Pendaki Gunung Everest Terus Bermunculan

Pihak taman nasional mengatakan pria ini mengalami cedera serius. Tapi mereka tidak memberi detail atas kondisi si pria.

Pria ini diselamatkan menggunakan tali dan helikopter. Ia kemudian dibawa ke Hilo Medical Center untuk penanganan lebih lanjut.

Menurut USGS, sejak Januari 1983 Gunung Kilauea terus melakukan aktivitas erupsi. Bahkan sebuah riset di jurnal Science menemukan bahwa pada erupsinya pada 2018 lalu, gunung api ini mengeluarkan lava yang bisa ditampung oleh 320 ribu kolam renang olimpiade. Erupsi tersebut juga memicu beberapa kali gempa bumi yang salah satunya berkekuatan 6,9 magnitudo.

Sumber/ kumparan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.