Instalasi Promkes RSUP Kandou Edukasi Lansia ‘Senja Cerah’ Mapanget

oleh -10 views
MANADO-Edukasi dan layanan kesehatan diberikan Instalasi Promosi Kesehatan RSUP Kandou terhadap para Lansia di Balai Pelayanan Sosial Lanjut Usia Terlantar ‘Senja Cerah’, Selasa (2/4/2019).
Kepala Instalasi Promkes Dr Neni Ekawardani menjelaskan, komunitas geriatri (Lansia) tersebut diberikan pemahaman tentang gangguan Sarkopenia. Dibawakan oleh dr Inggrit Lontoh SpPD.
Para Lansia antusias mengikuti edukasi kesehatan oleh IPKRS.
Para Lansia antusias mengikuti edukasi kesehatan oleh IPKRS.
Diketahui, Sarkopenia adalah sindrom yang ditandai dengan penurunan massa otot, disertai penurunan kekuatan dan fungsi otot.
Penurunan massa otot terutama terjadi pada orang yang tidak aktif secara fisik. Orang yang tidak aktif bergerak dapat kehilangan massa otot sebanyak 3-5% setiap 10 tahun, setelah usia di atas 30 tahun.
dr Inggrit Lontoh SpPD (kanan) bersama tim melakukan pelayanan kesehatan bagi para Lansia.
dr Inggrit Lontoh SpPD (kanan) bersama tim melakukan pelayanan kesehatan bagi para Lansia.
Karena disebabkan oleh faktor penuaan, umumnya yang menderita Sarkopenia adalah usia lanjut. Masing-masing 13-24% terjadi pada usia 65-70 tahun, dan lebih dari 50% pada usia 80 tahun ke atas.
Mencegah Sarkopenia yaitu dengan melakukan olahraga ketahanan otot seperti latihan aerobik, konsumsi makanan berprotein seperti produk susu, dan pemenuhan energi berupa vitamin dan mineral dari sayuran dan buah-buahan.
(harry)
Baca juga:   Bebaskan 591.775 Anak Dari Campak dan Rubella, Pemprov Sulut Kampanye MR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.