Terapkan PACS, Kini Baca Hasil Radiologi Lebih Cepat di RSUP Kandou

oleh -54 views
Dirut RSUP Kandou Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD (kedua kanan) dan jajaran direksi bersama Ketua KSM Radiologi dr Vonny Tubagus SpRad(K) (ketiga kanan) menyaksikan penandatanganan pakta integritas staf medis di KSM dan Instalasi Radiologi, Senin (1/4/2019).
MANADO-Pembacaan hasil pemeriksaan radiologi setiap pasien, kini lebih cepat di RSUP Kandou. Hal itu diakui Direktur Utama RSUP Kandou Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD saat Grand Opening PACS (Picture Archiving and Communication Systems), Senin (1/4/2019).
Dijelaskan Panelewen, PACS adalah sebuah sistem komputer, kombinasi antara perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), dan jaringan komputer.
Ini merupakan upaya RSUP Kandou bersama Fakultas Kedokteran Unsrat, mewujudkan kualitas pelayanan. Dengan mengoptimalkan staf medis yang sudah mencukupi di Instalasi Radiologi.
“Jadi tidak perlu antri lagi untuk pembacaan exam radiologi para pasien,” tutur Panelewen.
Lanjutnya, PACS bertujuan untuk melakukan proses akuisisi, penyimpanan, pencarian, pengarsipan, distribusi, dan presentasi citra medis (medical imaging atau foto rontgen) secara digital.
Beberapa komponen pembentuk PACS, antara lain:
  • Modalitas dan Gateway Akuisisi Citra Modalitas 
Adalah alat kesehatan yang digunakan untuk menghasilkan citra digital dari proses scanning terhadap pasien. Misalnya modalitas CT-Scan, MRI, Xray, CR, DR, USG, Moammography, dan lainnya. Modalitas tersebut biasanya dilengkapi komputer console atau gateway akuisisi, dan memiliki tiga tugas pokok. Yaitu memproses data citra dari peralatan radiologi, mengubah data yang berasal dari peralatan radiologi berstandar manufaktur menjadi standar PACS (header format, byte ordering, matrix sizes), yaitu format data DICOM (Digital Image and Communication in Medicine). Kemudian mengirim image study ke PACS Server atau Workstations lainnya.
  • Server PACS
Komputer server atau komputer yang berspesifikasi tinggi. Dalam PACS, Server terpasang perangkat lunak/aplikasi/modul-modul untuk menghadirkan fitur-fitur PACS. Contohnya, gateway penerima citra dari modalitas, gateway MWL, Managemen Arsip, Basisdata Pasien, dan Image Viewer berbasis web. Komputer server ini terhubung dengan media penyimpanan (storage) dan basis data untuk menyimpan data image dan data pasien.
  • Penyimpanan Gambar dan Basisdata PACS
Gambar pemeriksaan yang diproses dari modalitas akan dikirim dan disimpan dalam media penyimpanan gambar. Sedangkan data citra yang berhubungan dengan informasi pasien dan segala informasi yang berasal dari HIS/RIS dalam sebuah rumah sakit, akan dikirim, disimpan, dan diarsip dalam basisdata PACS.
  • Stasiun Kerja (Workstation)
Merupakan sebuah stasiun kerja untuk dokter radiologi (radiologist) yang memiliki fitur koneksi jaringan, dan tampilan/image viewer.
  • Sistem Jaringan
Fungsi dasar dari sebuah jaringan komputer adalah menghubungkan jalur akses dari client ke server. Komunikasi antar-pengguna (dalam hal ini radiologis dan dokter) dari satu lokasi ke lokasi yang lain, untuk memperoleh informasi pasien dan citra medis. Protokol jaringan yang digunakan adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dan protokol komunikasi DICOM.
(harry)
Baca juga:   RSUP Kandou Agendakan Vaksinasi Massal SDM Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.