Pengawasan Dandes, Hontong  Sesalkan Kampung Sulit Buat SPJ

oleh -84 Dilihat
Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong.

TAHUNA -Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong SE, menyesalkan adanya sejumlah kampung di beberapa wilayah Kabupaten Sangihe yang belakangan sulit membuat Surat Pertanggungjawaban (SPJ) terkait pengelolaan Dana Desa (Dandes) di tahun anggaran sebelumnya.

Hal ini otomatis menurut Hontong menghambat proses pencairan Dandes di tahun anggaran berjalan.

Menyikapi hal ini, Hontong menyatakan dirinya sebagai Wakil Bupati Sangihe akan lebih ketat lagi melakukan pengawasan setiap pengelolaan rupiah dalam Dandes.

“Kedepannya saya akan melakukan pengawasan terhadap penggunaan Dandes, dan pengawasan itu harus lebih diperketat. Memang hal Ini tidak berlaku bagi semua Kampung, hanya saja bagi Kampung-Kampung tertentu, dikarenakan beberapa Kampung tersebut SPJ sangat sulit dibuat”, ungkap Hontong.

Disisi lain Hontong juga mewarnning instansi terkait dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) bersama pendamping Dandes untuk turut serta bertanggungjawab terhadap setiap pembuatan SPJ.

“Dinas PMD dan pendamping Dandes jangan tinggal diam tetapi harus juga mampu mengawal dan melakukan pendampingan terhadap perangkat Kampung dalam pembuatan SPJ,” jelas Hontong kembali.

Kalau memang dalam pengelolaan Dandes lanjut Hontong diduga ada persoalan hukum, maka proses hukum harus dilakukan.

“Pendampingan Dinas PMD dan pendamping Dandes adalah membantu membuat SPJ. Kalau ada penyimpangan maka biarlah proses hukum yang dilakuian,” imbuh Hontong sambil mengajak semua komponen masyarakat untuk berperan dalam pengawasan pengelolaan Dandes di setiap Kampung.

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.