Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Manado Ajari Masyarakat Paniki Dua Cegah DBD

oleh -145 Dilihat
Tim Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Manado usai sosialisasi penanggulangan DBD di Kantor Kelurahan Paniki Dua.
MANADO-Poltekkes Kemenkes Manado mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Paniki Dua, Kecamatan Mapanget, Manado, Jumat (1/2/2019) pagi.
Ketua Jurusan Farmasi  Poltekkes Kemenkes Manado melalui Bagian Kemahasiswaan Rommy David Watuseke SSi menjelaskan, bentuk kegiatan tersebut berupa sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Demam Berdarah Dengue (DBD).
“Kepedulian sosial tersebut dikoordinir Jurusan Farmasi bersama Jurusan Analis Kesehatan dan Jurusan Kesehatan Lingkungan,” ujarnya.
Menurut Watuseke, kegiatan ini menjadi sarana civitas akademika termasuk mahasiswa, untuk mengaplikasikan ilmu secara langsung ke masyarakat sebagai salah satu Tridharma Perguruan Tinggi.
Dipilihnya Kelurahan Paniki Dua karena wilayah ini jadi perhatian karena adanya kasus meninggal akibat DBD.
Apalagi, kelurahan ini merupakan daerah perumahan dan banyak rumah-rumah kosong yang tidak ditinggali oleh pemilik rumah.
Melalui pengabdian masyarakat ini, diharapkan dapat mengingatkan warga supaya memperhatikan bagian-bagian perabot rumah tangga yang tergenang air.
Karena nyamuk ini berkembang di air bersih yang tergenang. Berbeda dengan nyamuk yang menimbulkan penyakit malaria yang berkembang di tempat-tempat kotor.
“Program ini juga merupakan bentuk kepedulian kami agar masyarakat yang bermukim di Kelurahan Paniki Dua bisa terhindar dari DBD yang disebarkan oleh Nyamuk Aedes Aegypti,” kata Watuseke.
Dia menambahkan, penanggulangan DBD diperlukan gebrakan dan kerjasama semua unsur terkait.
Sementara itu, Lily Iksan SE mewakili Lurah Paniki Dua, menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada Poltekkes Kemenkes Manado atas kegiatan bermanfaat ini.
Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wadir I Bidang Akademik Henry Imbar SPd MKes, Wadir III Bidang Kemahasiswaan Selfie PJ Ulaen SPd SSi MKes, dan Koordinator Lapangan Bongakaraeng SPd MKes, juga sejumlah masyarakat setempat.
(*/redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.