Macarau: Penyaluran Dana Kelurahan Menunggu Petunjuk Teknis

oleh -87 Dilihat
Kaban Keuangan Kabupaten Minahasa Utara Petrus Macarau.

MINUT– Dana Kelurahan yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat dengan tujuan pemerataan pembangunan di daerah-daerah, seperti yang diumumkan oleh Presiden RI Joko Widodo. Dana kelurahan merupakan anggaran yang dialokasikan khusus untuk kelurahan dengan besaran yang berbeda dengan dana desa.

Pemerintah dan DPR RI sepakat mengalokasikan dana untuk program Dana Kelurahan tahun 2019 sebesar Rp 3 triliun bagi 8.112 kelurahan se-Indonesia. Alokasi ini berlaku 2019 setelah disahkan melalui rapat paripurna pengesahan UU APBN 2019 di DPR RI.

Di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) sendiri ada enam kelurahan yang dipastikan akan mendapat kucuran Dana Kelurahan (DK). Hal ini dipertegas oleh Kepala Badan Keuangan Pemkab Minut Petrus Macarau SE kepada media ini, Rabu (23/1/2019).

“Keenam kelurahan itu masing-masing Kelurahan Airmadidi Atas, Airmadidi Bawah, Raprap, Sarongsong Satu, Sarongsong Dua dan Sukur. Akan tetapi, kami belum menjadwalkan waktu penyalurannya karena masih menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) dari Kementerian. Meski begitu, saya yakinkan pasti akan disalurkan sebab sudah ditata dalam APBD Kabupaten Minut,” terang Macarau.

Diketahui, Juknis penyaluran Dana Kelurahan sementara digodok dua Kementerian, yakni Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri.

“Kami menunggu turunnya Juknis agar penyalurannya sesuai dengan mekanisme yang diatur. Dan tentu saja dalam Juknis tersebut akan dijelaskan bagaimana penerapannya ke Kelurahan,” tutup Macarau.

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.