Bakal Segera Diterapkan Di sangihe, Rastra Menjelma Menjadi BNT

oleh -114 Dilihat
Kepala Dinas Sosial Pemkab Sangihe Tajudin Sainkadir.

TAHUNA-Pemerintah pusat telah menginstruksikan mengganti Beras untuk Keluarga Sejahtera  (Rastra) dengan Bantuan Non Tunai (BNT) bagi warga yang dikategorikan kurang mampu.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Tajudin Sainkadir.

Menurutnya  penerima Rastra akan menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang kegunaannya sama dengan ATM dan akan mempunyai saldo Rp110.000,-  yang langsung ditransfer dari pusat dan akan dipakai untuk berbelanja di e-warung yang sudah ditetapkan.

“Program seperti itu sudah berjalan. Tahun 2018 kemarin program Bantuan Non Tunai (BNT) ini sudah dilaksanakan, dan bahkan ada beberapa daerah yang melaksanakannya. Tetapi untuk Kabupaten Kepulauan Sangihe masih belum dapat dilaksanakan, karena masih dalam tahap persiapan,” ungkapnya.

Dijelaskanya pula, untuk jumlah Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Kabupaten Kepulauan Sangihe diperkirakan sebanyak 9.000 kepala keluarga  dan tidak dapat ditambah lagi.

“Sebanyak 9.000 lebih Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang tersebar di 15 kecamatan. Untuk penambahan penerima tidak ada, tetapi pergantian ada. Kita bakal mengganti, jika penerima sudah ada peningkatan atau sudah dikategorikan mampu atau meninggal,” imbuh Sainkadir sambil menambahkan untuk Kabupaten Sangihe sendiri nominal jumlah penerima Rastra mencapai sekira Rp 12 Miliar.

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.