Survey Darah Penderita DBD, Petakan Jenis Virus Dengue

oleh -157 Dilihat
Petugas BTKLPP Kelas 1 Manado mengambil sampel darah salah satu penderita DBD di Kelurahan Dendengan Dalam, Manado, Selasa (15/1/2019).
MANADO-Dinas Kesehatan Sulut bersama BTKLPP (Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit) Kelas 1 Manado melaksanakan survey darah kepada sejumlah penderita DBD (Demam Berdarah Dengue) di Kota Manado.
Kepala Dinkes Sulut dr Debie KR Kalalo MSc PH melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr Steaven Dandel MPH menerangkan, survey darah ini untuk melihat jenis virus dengue dan memetakan pola serotype apa yang sedang beredar di masyarakat.
Lanjutnya, saat pelaksanaan survey petugas akan mengambil darah dari tersangka demam. Terutama yang berada di sekitar lokasi kasus DBD, yang sebelumnya telah terkonfirmasi.
Kemudian diperiksa dengan teknik PCR dan diidentifikasi jenis virusnya. Ada 4+1 serotype dari virus dengue ini. Di antaranya, DN-1, DN-2, DN-3, DN-4 dan Mix yang kita kenal.
“Bila di suatu wilayah berjangkit satu jenis serotype biasanya tidak menyebabkan sakit yang parah. Tapi bila kemudian terjadi infeksi silang dengan serotype yang lain, biasanya ini yang akan menjadi kasus Demam Berdarah Dengue berat,” tambah Dandel.
Hasil pemeriksaan, jelasnya, bakal direkomendasi kepada pemerintah daerah setempat. Supaya bisa dilakukan strategi pengendalian DBD yang efektif, juga menghindari atau mengurangi angka fatalitas (kematian) penyakit ini.
(*/redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.