Dirut RSUP Kandou Terima DIPA 2019

oleh -152 Dilihat
Gubernur Olly Dondokambey menyerahkan DIPA 2019 kepada Dirut RSUP Prof Kandou Manado, di ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut.

MANADO-Direktur Utama RSUP Prof Kandou Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2019 dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, Kamis (13/12/2018).

Menurut Olly, dengan diserahkannya DIPA 2019 diharapkan pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran dapat berlangsung lebih tepat waktu, merata, dan memberikan dampak multiplikasi lebih besar kepada pembangunan perekonomian Sulut.

Dikatakannya, Presiden Joko Widodo berpesan supaya belanja APBN tahun 2019 difokuskan untuk pembangunan SDM, peningkatan daya saing, memperkuat ekspor dan investasi, serta penguatan value of money.

“Melalui momentum penyerahan DIPA saat ini, saya mengajak kita sekalian untuk memperkokoh komitmen untuk menggunakan alokasi dana dengan baik dan akuntabel,” beber Olly.

Karena itu, Jokowi menekankan sejumlah hal. Pertama, persiapkan dengan baik program-program untuk 2019, sehingga dapat berjalan efektif sejak di awal Januari 2019.

“Artinya, persiapan lelang harus dilakukan lebih awal. Manfaatkan e-procurement, e-catalog di LKPP,” tegasnya.

Kedua, Presiden meminta harus dipastikan bahwa penggunaan anggaran memberikan manfaat yang optimal dan seluas-luasnya bagi masyarakat. Artinya, fokus pada outcome bukan sekadar output.

Alokasikan betul-betul dominan untuk kegiatan utama, bukan habis pada kegiatan-kegiatan pendukung seperti rapat, perjalanan dinas, maupun honor untuk tim.

Ketiga, Jokowi meminta untuk dipastikan semua program berjalan maksimal dan baik. “Artinya, pantau terus kegiatan dan anggaran secara berkala, bulanan maupun triwulan,” tegasnya.

Keempat, pastikan setiap rupiah dari APBN 2019 ini betul-betul digunakan untuk kepentingan rakyat.

Jokowi minta jangan ada yang bermain-main lagi dengan korupsi. Jangan ada penyalahgunaan anggaran, jangan ada pemborosan, jangan ada mark up, jangan ada perbuatan-perbuatan menyimpang lainnya.

“Optimalkan dukungan dari aparat pengawas intern. Betul-betul pastikan APBN kita ini dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat dari pusat sampai ke tingkat desa,” tegas Olly mengutip pernyataan presiden.

Pada kegiatan tersebut, Gubernur Sulut juga menyerahkan DIPA, Dana Transfer Daerah, dan Dana Desa tahun 2019 kepada bupati, wali kota, serta para pimpinan satuan kerja pusat dan daerah di wilayah Sulut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.