Angka Kesembuhan Pasien Kanker di Estella RSUP Kandou Capai 85 Persen

oleh -224 Dilihat
Anak-anak penderita kanker bersama orang tua dan sejumlah survivor saat membawakan pujian.

MANADO — Angka kesembuhan pasien yang menjalani pengobatan dan perawatan di Pusat Kanker Anak ‘Estella’ RSUP Prof Kandou Manado saat ini mencapai 85 persen.

Sedangkan sejak awal didirikan, tingkat kesembuhan pasien hanya di angka 15 persen saja.

Peningkatan tersebut dibuktikan dengan banyaknya survivor (sudah dinyatakan sembuh), bahkan kini mampu berprestasi di bidangnya masing-masing.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Ruangan Estella Ns Konda Tawalujan SKep MKes, saat ibadah menyambut Natal di Gereja Oikumene Lukas RSUP Prof Kandou Manado, Rabu (5/12/2018).

Itu membuat para orang tua dan anak-anak penderita kanker bertambah semangat. Dan seperti menjadi kado terindah bagi mereka di momen menyambut Natal tahun ini.

Konsultan Anak, Prof dr Max Frans Jozef Mantik SpA(K) mengakui, sejak didirikan pada 2006 silam, Pusat Kanker Anak ‘Estella’ ini terus mendapat perhatian besar dari manajemen RSUP Prof Kandou.

Pendiri Pusat Kanker Anak 'Estella' Prof dr Max Mantik SpA(K)
Pendiri Pusat Kanker Anak ‘Estella’ Prof dr Max Mantik SpA(K)

“Dukungan tersebut membuat tim di Estella dengan penuh kebersamaan mampu memberikan layanan terbaik bagi para pasien,” ucap Prof Mantik yang pernah kehilangan sang anak karena penyakit tergolong ganas ini.

Prof Mantik pun bersyukur, baru-baru ini mendapat support dari direksi dengan penyediaan ruangan isolasi bagi proses perawatan anak-anak penderita kanker.

Bahkan, pusat kanker anak ini boleh difasilitasi dengan rumah singgah bagi orang tua pasien. Supaya dapat meminimalisir penyebaran infeksi terhadap anak-anak.

Sebab itu Prof Mantik mengajak para orang tua supaya tidak ragu membawa anak yang menderita kanker untuk menjalani proses penyembuhan di fasilitas ini.

Apalagi, pasien kanker sudah ditanggung BPJS Kesehatan. “Yang penting menjalani pengobatan secara disiplin sesuai anjuran dokter dan perawat,” pungkas Prof Mantik.

(Harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.