Tangkal Potensi Invasi Asing, Yonif 713/ST Gelar Latihan Posko

oleh
Salah satu metode latihan langsung digeber usai upacara pembukaan dipimpin Kasrem 133/Nwb Letkol Inf Sapto Irianto.

GORONTALO-Batalyon Infanteri (Yonif) 713/Satya Tama mengadakan Latihan Posko I, dimulai Rabu (21/11/2018).

Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw dalam amanat dibacakan Kasrem Letkol Inf Sapto Irianto, mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan Latihan Posko I ini adalah untuk memelihara kemampuan dan meningkatkan profesionalisme prajurit.

Khususnya perwira di Yonif 713/Satya Tama dalam melaksanakan prosedur hubungan komandan dan staf.

Terutama dalam hal merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan Komando pengendalian operasi, menghadapi berbagai kemungkinan ancaman yang terjadi.

Lanjutnya, mencermati berbagai perkembangan situasi yang terjadi saat ini, diprediksikan bahwa tugas TNI di masa mendatang semakin tidak ringan.

Diperkuat dengan adanya pengaruh dan kemungkinan invasi negara asing, yang sengaja ingin memecah belah serta menguasai wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menyikapi situasi yang demikian, serunya, berbagai tuntutan tentang profesionalisme prajurit TNI, khususnya TNI Angkatan Darat dalam menghadapi tuntutan tugas di masa mendatang, harus disikapi secara bijak. Tentu dengan berupaya secara optimal meningkatkan kemampuan yang dimiliki.

Baca juga:   Kapolres Minsel Pimpin Apel Pengecekan Kekuatan OMP-2018 Pam Pilkada Mitra

“Untuk mewujudkan hal tersebut maka kemampuan satuan tempur Korem 133/Nani Wartabone, dalam hal ini Yonif 713/Satya Tama sebagai satuan pemukul, disiapkan melalui program latihan sesuai tahapan latihan dan tugas yang akan dihadapi,” imbuhnya.

Hal ini sejalan dengan tema Latihan Posko I kali ini, yaitu ‘Batalyon Infanteri 713/Satya Tama Melaksanakan Operasi Lawan Insurjensi di Wilayah Gorontalo Guna Mendukung Tugas Pokok Korem 133/Nani Wartabone’.

Karena itu, Danrem berpesan, agar tercapai sasaran yang diinginkan melalui Latihan Posko I ini, wajib diorientasikan pada upaya peningkatan kualitas metode latihan, memperhatikan faktor keamanan personel maupun materil, dan laksanakan koordinasi dengan semua pihak terkait sebaik mungkin.

Ditambahkan Kapenrem 133/Nani Wartabone Mayor Inf Fathan Ali, pembukaan Latihan Posko I Yonif 713/Satya Tama diikuti oleh personel Staf Yonif 713/Satya Tama dan para penyelenggara, terdiri dari personel Korem 133/Nani Wartabone, Kodim 1304/Gorontalo dan Kodim 1313/Pohuwato.

Baca juga:   Korem 131/Santiago-KBT Komitmen Support Pembangunan Nasional Hingga Berantas Narkoba dan Hoax

“Adapula peninjau dari Mabesad yaitu Letkol Inf Mulyadi, dan Kapten Inf Simon Pasaribu dari Kodam XIII/Merdeka,” pungkasnya.

Di sisi lain, Yonif 713/Satya Tama merupakan pasukan tempur yang melaksanakan tugas sebagai pasukan pemukul Korem 133/Nani Wartabone.

Di dalamnya mendukung tugas pokok Korem dalam bidang tempur, maupun teritorial membantu satuan teritorial menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan masyarakat.

Tugas pokok TNI selain bertugas sebagai Operasi Militer Perang (OMP) juga sebagai Operasi Militer selain Perang (OMSP).

(harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *