Ketua TP-PKK Serukan Cegah Stunting dari Ujung Sulawesi Utara

oleh
Ketua TP PKK Sulut Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan (kanan) didampingi Kadis Kesehatan dr Debie Kalalo MSc PH (tengah) membagikan asupan makanan bagi perwakilan ibu hamil.
BOLMUT-Menempuh enam jam perjalanan darat dari Manado ke Kabupaten Bolmong Utara, Ketua Tim Penggerak PKK Sulut Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan begitu semangat saat bertemu masyarakat di ujung barat Provinsi Sulut tersebut.
Istri Gubernur Sulut Olly Dondokambey ini mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan pencegahan stunting (keadaan tubuh sangat pendek).
“Melalui penanggulangan masalah gizi terutama pada masa 1000 hari pertama kehidupan,” ujarnya, didampingi┬áKepala Dinas Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo MSc PH.
Disebutkan Ketua TP PKK Sulut, upaya penanggulangan masalah gizi di 1000 Hari Pertama Kehidupan yaitu, pemantauan pertumbuhan Balita setiap bulan di Posyandu, pemeriksaan kesehatan rutin ibu hamil, pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan Balita, serta pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri di sekolah.
Pengaruh kekurangan gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan yaitu sejak janin sampai anak berumur dua tahun, tidak hanya terhadap perkembangan fisik tetapi juga perkembangan kognitif.
Yang pada gilirannya berpengaruh terhadap kecerdasan dan ketangkasan berpikir serta produktivitas kerja.
Kekurangan gizi pada masa ini juga dapat berisiko terjadinya penyakit kronis pada usia dewasa, yaitu kegemukan, penyakit jantung dan pembuluh darah, hipertensi, stroke dan diabetes.
“Upaya penanggulangan stunting memerlukan keterlibatan lintas sektor. Baik dari organisasi perangkat daerah terkait maupun dari Tim Penggerak PKK di semua tingkatan,” pungkasnya.(*)
Baca juga:   'Tim Manguni' RSUP Kandou Berwenang Pantau dan Evaluasi Pelayanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *