Serangan Udara Israel Terhadap Gaza Ikut Hancurkan Rumah Sakit Indonesia

oleh
Ledakan terlihat selama serangan udara Israel di Jalur Gaza selatan 27 Oktober 2018.(foto: REUTERS/Ahmed Zakot)

JAKARTA — Israel meluncurkan serangan udara untuk menghantam sejumlah target di Jalur Gaza. Tidak ada korban jiwa dalam serangan ini, tetapi rumah sakit yang dibangun oleh Indonesia di wilayah utara Gaza, rusak.

Melansir aa.com.tr pada Minggu, 28 Oktober 2018, serangan dilakukan Israel pada Sabtu subuh, 27 Oktober 2018 waktu setempat. Jet tempur dan sejumlah helikopter menghantam sekitar 80 target, dimana kelompok Hamas merupakan target yang diincar.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza, Ashraf al-Qidra, mengatakan sebuah serangan yang dilakukan Israel pada Sabtu, 27 Oktober 2018, telah merusakkan Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Saksi mata menceritakan, beberapa orang di rumah sakit tampak mengalami luka-luka akibat serpihan pecahan kaca dan beton.

Rumah Sakit Indonesia di wilayah utara Gaza, yang diresmikan pada 2016, telah menjadi rumah sakit sumbangan asing terbaru yang beroperasi di Gaza. Sebelumnya pada 2010 berdiri pula Rumah Sakit Persahabatan Turki-Palestina senilai US$ 34 juta yang digagas oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Baca juga:   Info BMKG : 16 Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat Hari ini, Minggu 25 April 2021

Serangan udara Israel itu menuai kecaman. Kelompok ak-Qidra menyerukan organisasi-organisasi internasional agar melindungi institusi medis dan tenaga kesehatan dari serangan-serangan udara Israel ke Gaza.

Keterangan Angkatan Bersenjata Israel menyebut serangan pada Sabtu, 27 Oktober 2018 ini, berlangsung selama dua jam. Militer Israel menyebut serangan udara ini adalah serangan balasan setelah pada Jumat, 26 Oktober 2018, total 30 roket ditembakkan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel. Dari jumlah tersebut 10 roket berhasil ditangkis oleh sistem pertahanan rudal.

Bunyi sirine meraung-raung di wilayah Gaza yang diduduki oleh penduduk Israel. Israel mengincar sejumlah tempat, diantaranya dua fasilitas senjata, lima markas militer, sebuah tempat pelatihan, satu terowongan dan pos observasi anti-pesawat tempur. Sejumlah saksi mata mengatakan jet-jet tempur Isreal menghantam target milik kelompok Hamas di Gaza.

(sumber: tempo.co)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *