Buron Dari Palu, KS Dibekuk Aiptu Kainama

oleh -122 Dilihat

MINSEL – Prestasi gemilang ditorehkan Aiptu Corneles ‘Kor’ Kainama, anggota Polres Minahasa Selatan, saat melakoni aksi heroik melumpuhkan seorang buronan kasus pembunuhan, KS (Kevin/Usro), 25 tahun, warga Desa Teep, Kecamatan Amurang Barat, Kabupaten Minahasa Selatan, Jumat (26/10/2018) malam.

Aksi laga layaknya film action ini terjadi di Pondok Teguh Bersinar, Amurang, saat penyelenggaraan Porkab Minsel, cabang olahraga Tinju amatir. Tersangka yang dalam keadaan mabuk akibat konsumsi miras, membuat keributan dan ditegur dengan santun oleh Aiptu Kor Kainama.

Tak terima ditegur, tersangka kemudian mengeluarkan senjata tajam jenis pisau yang diselipkan dipinggangnya kemudian menyerang Aiptu Kainama.

“Secara refleks, saya pun melakukan gerakan tangkisan dan kuncian, kemudian langsung mengambil pisau dari tangan tersangka,” terang Aiptu Kor, yang merupakan salah satu instruktur bela diri Polri di Polres Minsel ini.

Keadaan pun sempat ricuh dimana tersangka saat itu menjadi bulan-bulanan massa yang sedang menonton acara tinju.

“Itu adalah spontanitas massa penonton yang marah karena ulah tersangka yang telah membuat keributan apalagi berusaha menganiaya anggota Polisi,” tambah Aiptu Kor, yang sebentar lagi akan menjalani pendidikan alih golongan.

Tak berselang lama, personil gabungan Polres Minsel berhasil mengamankan tersangka dan segera mengevakuasinya ke Polsek Amurang kemudian dipindahkan ke ruang tahanan di Polres Minsel. Situasi area Porkab Minsel pun berangsur kondusif.

“Dari hasil penyelidikan diketahui bahwa tersangka adalah narapidana di Lapas kelas II Palu, Sulawesi Tengah, kasus pembunuhan dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) karena melarikan diri saat bencana alam tsunami pada beberapa waktu lalu,” tambah calon Inspektur Polisi ini.

Sementara itu Kapolres Minahasa Selatan AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, menyatakan apresiasi atas aksi yang sangat berani oleh Aiptu Corneles Kainama.

“Pak Kor Kainama ini telah menunjukan keberanian, kesigapan, serta tanggap dalam melihat situasi yang saat itu dapat membahayakan keselamatan jiwa banyak orang. Terimakasih dan penghargaan yang tinggi disampaikan kepada Pak Kor, yang telah berhasil melumpuhkan DPO kasus pembunuhan ini,” ungkap Kapolres.

( Andy Runtunuwu )

No More Posts Available.

No more pages to load.