DJSN Kaji Payung Hukum Bagi Kader JKN dan Agen Perisai

oleh -109 Dilihat
Rapat koordinasi antara DJSN, Kementerian Keuangan, BPJS Ketenagakerjaan, serta BPJS Kesehatan di Jakarta.

JAKARTA — Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) bersama Kementerian Keuangan mengkaji bentuk payung hukum bagi Kader JKN dan Agen Perisai.

Dalam tugasnya, Kader JKN dan Agen Perisai merekrut atau mengakusisi peserta baru dan membantu memungut iuran bekerjasama dengan bank.

Para Kader JKN turut serta pada Pameran Inovasi Layanan Publik di   Pekan Karya Nyata Revolusi Mental di Manado, 26-28 Oktober 2018.
Para Kader JKN turut serta pada Pameran Inovasi Layanan Publik di Pekan Karya Nyata Revolusi Mental di Manado, 26-28 Oktober 2018.

Selain itu juga, Agen Perisai berfungsi membantu atau memfasilitasi peserta untuk mencairkan klaim manfaat.

Putut SA, perwakilan Kementerian Keuangan, mengatakan hasil koordinasi dengan instansi lainnya menghasilkan Kementerian Ketenagakerjaan menyerahkan kepada Kementerian Keuangan. Untuk menginisiasi payung hukum terkait Kader JKN dan Agen Perisai.

“Bentuk payung hukum yang memungkinkan untuk mengatur Kader JKN dan Agen Perisai adalah Peraturan Presiden,” jelas Putut.

Menurutnya, Kemenkeu bersedia menjadi inisiasi dengan syarat menanyakan kepada user apa urgensi-nya. Dan meminta DJSN untuk memberikan surat untuk menjadi inisiasi Perpres ini.

Sementara itu, Ivan Sahat perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan, mengatakan sudah memiliki Peraturan Direktur terkait Agen Perisai. Dan di atasnya ada Peraturan Pemerintah Nomor 85 Tahun 2013 tentang Tata Cara Hubungan Antar Lembaga Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

“Kita perlu membuat kajian mendalam lagi terkait payung hukum untuk kader JKN dan Agen Perisai,” tambahnya.

Senada dengan itu, Mundiharno dari BPJS Kesehatan, mengatakan perlu adanya kajian mendalam terkait payung hukum ini.

“Lebih baik kita kembangkan dan sempurnakan dulu pengelolaan Kader JKN dan Agen Perisai ini. Setelah sempurna baru kita bentuk payung hukumnya,” ucap Mundi.

(Harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.