Ekonomi RI Terima Pujian Dari IMF

oleh
Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde menghadiri konferensi pers selama Dana Moneter Internasional - Pertemuan Tahunan Bank Dunia 2018 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, 11 Oktober 2018. (foto: REUTERS / Johannes P. Christo)

BALI — International Monetary Fund (IMF) memuji ketahanan ekonomi Indonesia yang jauh lebih baik dibandingkan dengan negara-negara berkembang lainnya.

Hal tersebut dikemukakan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dalam press briefing pelaksanaan Pertemuan Tahunan (Annual Meeting) IMF – World Bank 2018 di Nusa Dua, Bali.

“Kami tidak melihat sebuah hal yang menular dari bauran kebijakan dunia. Di mana posisi Indonesia berada? Kartu penilaian terhadap Indonesia adalah luar biasa,” kata Lagarde, Kamis (11/10/2018).

Lagarde melihat, kondisi perekonomian Indonesia sudah jauh berubah dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Salah satunya, dari kebijakan moneter, fiskal, maupun reformasi yang sudah dilakukan.

Misalnya, dari pendapatan per kapita yang naik hingga dua kali lipat, penurunan angka kemiskinan hingga di bawah 11%, maupun pertumbuhan ekonomi dan laju inflasi yang terkendali.

Adapun terkait dengan posisi nilai tukar, Lagarde tak memungkiri bahwa mata uang Garuda mengalami depresiasi. Namun, pelemahan tersebut tak hanya dialami oleh Indonesia.

Baca juga:   Tata Cara Pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden RI Periode 2019-2024

“Termasuk dengan Australia, Selandia Baru, dengan nilai serupa. Cadangan devisa juga ada peningkatan, utang dari rekam jejaknya bagus,” kata Lagarde.

Melihat hal tersebut, Lagarde pun mengapresiasi kinerja yang dilakukan sejumlah pemangku kepentingan terkait. Fokus ke depan, adalah bagaimana mendisiplinkan kondisi ini.

(sumber: cnbcindonesia.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *