Gunung Soputan Meletus, PVMBG Anjurkan Tidak Beraktivitas di Radius 6,5 Km

oleh -178 Dilihat
Letusan Gunung Soputan yang terjadi sekira pukul 08.45 Wita pagi tadi. (Foto: FB Sendy Walangitan)

MITRA — Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengalami erupsi sekira pukul 08.45 Wita, Rabu (3/10/2018). Hembusan abu setinggi beberapa kilometer pun membumbung tinggi.

Sebelumnya, hasil analisis data pemantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM menyebutkan, potensi terjadinya erupsi Gunung Soputan mengalami peningkatan.

Karena itu, sejak pukul 01.00 Wita, status aktivitas Gunung Soputan ditingkatkan dari Level II (waspada) menjadi Level III (Siaga).

Masyarakat juga dianjurkan tidak beraktivitas di seluruh area di dalam radius 4 km dari puncak Gunung Soputan. Dan di dalam area perluasan sektoral ke arah Barat-Baratdaya sejauh 6,5 km dari puncak yang merupakan daerah bukaan kawah untuk menghindari ancaman guguran lava maupun awan panas.

Agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu.

Masyarakat agar mewaspadai potensi ancaman aliran lahar yang dapat terjadi setelah terjadinya erupsi. Di mana material erupsi terbawa oleh air, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan. Di antaranya Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu.

PVMBG juga selalu berkoordinasi dengan BNPB, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Pemerintah Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara tentang aktivitas Gunung Soputan.

“Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” tulis rilis resmi PVMBG tersebut.

(Harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.