RSUP Kandou-The Australian Cranio Maxillo Facial Unit Lanjutkan Kerjasama Bidang Bedah Plastik

oleh
Plh Dirut RSUP Prof Kandou Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD (kedua kanan), Wakil Dekan I FK Unsrat Dr dr Billy J Kepel MMedSc (paling kanan), dan Dr Walter Flapper MBChB FRACH MASurg (ketiga kanan) bersama tim, menindaklanjuti kerjasama.

MANADO – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Kandou melanjutkan kerjasama dengan The Australian Cranio Maxillo Facial Unit terkait pengembangan layanan bedah plastik.

Di dalamnya juga melibatkan kerjasama dengan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sam Ratulangi untuk pengembangan ilmu bedah plastik, bedah umum, maupun bidang keperawatan bedah.

Plh (Pelaksana Harian) Direktur Utama RSUP Prof Kandou Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD menyambut baik perpanjangan kerjasama ini setelah melihat hasil cukup baik sebelumnya.

Menurut Panelewen, tim mereka akan memberikan para ahli ilmu, ahli teknologi, dan ahli keterampilan guna disandingkan dengan para tenaga medis dan perawat, supaya terjadi transfer ilmu dalam upaya peningkatan penanganan pasien yang membutuhkan layanan bedh plastik.

Saat penandatanganan kerjasama pada Kamis (27/9/2018) di ruang Webinar RSUP Prof Kandou, tim dari The Australian Cranio Maxillo Facial Unit dipimpin langsung Dr Walter Flapper MBChB FRACH MASurg yang juga Consultant Craniofacial Surg Australian Craniofacial Unit.

Baca juga:   RSUP Prof Kandou Tingkatkan Digitalisasi Kehumasan

Pihak FK Unsrat oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama Dr dr Billy J Kepel MMedSc.

Sedangkan Plh Dirut RSUP Prof Kandou Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD didampingi dr Mendy Hatibie Oley SpBP RE(K) dan dr Maximillian Ch Oley SpBS(K) dari Divisi Bedah Plastik.

Lanjut Panelewen, operasi bedah plastik menjadi salah satu layanan yang terus dikembangkan RSUP Prof Kandou. Sebagai sebuah tindakan kedokteran yang menitikberatkan pada rekonstruksi atau perbaikan cacat dan kekurangan fungsional fisik pasien, dikarenakan penyakit, cedera, penyakit bawaan dan pembedahan yang pernah dijalani.

Bedah plastik bertujuan mengembalikan fungsi kulit, tengkorak, dan struktur rahang wajah (maksilofasial), sistem otot tulang belakang (musculoskeletal), payudara, kaki dan tangan, dan alat reproduksi melalui sebuah bedah perbaikan.

Bedah plastik juga meliputi rekonstruksi estetika dan tindakan bedah untuk memperbaiki kualitas fisik yang tidak diinginkan dari struktur tubuh normal.

Baca juga:   Balai POM Gorontalo Temukan Mie Basah Mengandung Boraks

(Harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *