Polres Minut Jadi Pilot Project Se-Sulut

oleh -87 Dilihat

MINUT — Korbinmas Baharkam Polri, Lemdiklat Polri, Polda Metro Jaya dan JICA memberikan apresiasi terhadap Program Polisi Masyarakat (POLMAS) yang diselenggarakan Polres Minahasa Utara (Minut), yang dikomandoi AKBP alfaris Pattiwael SIK MH.

Perwakilan Japan International Cooperation Agency (JICA) AKBP (Jepang) Kudo Atsushi, sebagai tenaga ahli jangka pendek di bidang kepolisian JICA menyampaikan, dengan mengadakan program pelatihan peningkatan kapasitas kepolisian Indonesia, termasuk memberikan pelatihan ke luar negeri, dapat membantu proses reformasi.

“Salah satunya Pak Kapolres Minut, yang pernah bertugas dan belajar di Jepang pada tahun 2008, ini gratis di Indonesia. Ada 18 Polda sebagai percontohan salah satunya adalah Polda Sulawesi Utara dan di Polda ditunjuk Polres Minahasa Utara. Karena Kapolresnya berprestasi menghasilkan kegiatan yang sudah bagus, dan kami juga berharap ini akan ditingkatkan Polres Minahasa Utara karena menjadi Polres percontohan. Dengan menitikberatkan masyarakat, kepolisian bisa membuat angka kejahatan menurun, itu salah satu hasil dari upaya dari Kapolres yang patut menjadi contoh,” ujar Mr Kudo, melalui penerjemah JICA Aryanto Nugroho, disela-sela kunjungan kerja di Polres Minut, Selasa (25/9/2018).

Sementara itu, Kasubdit Binpolmas Ditbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Dr R S Terr Pratiknyo MSi mengapresiasi kinerja Kapolres Minut, dalam upaya menggerakkan masyarakat agar bisa bekerjasama dengan kepolisian dalam rangka membangun Kamtibmas, antara lain untuk menyambut Pemilu 2019 dan mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi menjaga Pemilu 2019 agar berjalan aman dan damai.

“Kegiatan Polmas oleh Kapolres Minut adalah contoh yang baik, dari paparan Kapolres adalah hal yang luar biasa dimana penyelenggaraannya itu bisa menurunkan angka kriminalitas hampir 50%. Ini luar biasa, itu lah salah satu keberhasilan kepolisian di Minahasa Utara (Minut), dimana masyarakat turut berperan serta dan berpartisipasi dalam menyelenggarakan Kamtibmas di lingkungan masyarakat. Sudah menyelenggarakan pencegahan kejahatan, di masa depan itu masyarakat harus mampu mencegah kejahatan, bukan hanya polisi yang mampu mengungkap kejahatan saja. Untuk itu Polres Minahasa Utara ini bisa menjadi Pilot Project, yang kemudian nanti pelaksanaan pelatihan-pelatihan dapat langsung dilakukan disini,” tegas Pratiknyo.

Ditambahkan Dir Binmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo SIK MTCP, suksesnya program bisa dilihat dari Kapolresnya. Karena bagaimanapun, program ini bisa berjalan tentu harus ada dorongan dan sikap yang bisa dicontoh oleh jajarannya.

“Kalau Kapolresnya cerdas dan inovatif, tentu bisa berjalan dengan baik. Dan dari apa yang kami lihat serta yang sudah dipaparkan, ini sangat baik dan bisa menjadi pilot project bagi polres lainnya,” kata Sambodo.

Progran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) serta adanya Wale Bhabinkamtibmas di Desa Tanggari, Kecamatan Airmadidi dan Desa Maen Likupang Timur, serta program layanan berbasis IT yakni Sistem Informasi Resor Minahasa Utara (SIReMiTa), merupakan terobosan brilian Polres Minut dan sukses mencuri perhatian Mabes Polri.

(Icad)

No More Posts Available.

No more pages to load.