Me’daseng Program Inovasi Sangihe Bakal Diajukan Ke Pusat

oleh
Bupati Jabes E Gaghana SE ME bersama Wakil Bupati Helmud Hontong SE bersama Forkompimda ketika menghadiri Me'daseng di Kampung Petta Timur Kecamatan Tabukan Utara.

TAHUNA-Program Me’daseng yang merupakan inovasi pemerintah daerah bakal diajukan ke pemerintah pusat. Pengajuan ini sendiri sebagai bentuk terobosan Pemkab Sangihe dalam melayani masyarakat secara langsung yang dilakukan sekali dalam setiap bulan berjalan dengan lokasi berpindah-pindah di semua wilayah daerah kepulauan ini.

“Nantinya program Me’Daseng yang bertujuan untuk melakukan pelayanan bagi masyarakat disetiap Kampung akan dijadikan Inovasi, dan akan diusulkan program Me’Daseng ini ke Pemerintah Pusat,” jelas Bupati Jabes E Gaghana SE ME, saat pelaksanaan program Me’Daseng, Jumat (24/8/2018) di Kampung Petta Timur Kecamatan Tabukan Utara (Tabut), akhir pekan lalu.

Dikatakan Bupati, saat ini dibawah koordinasi Badan Perencanaan Penelitian dan Penembangan (Bapelitbang) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe sementara memperjuangkan Me’Daseng sebagai Inovasi ke Pemerintah Pusat.

“Dibawah koordinasi Bapelitbang sementara memperjuangkan bahwa Me’Daseng ini merupakan sebuah produk inovasi Pemkab Sangihe yang akan kita ketengahkan ke pemerintah pusat,” kata Gaghana.

Baca juga:   Kemenkes-Pemprov Sulut Gebrak Flying Health Care di Talaud

Dijelaskannya, kenapa Me’Daseng ini menjadi sebuah inovasi, dikarenakan program Me’Daseng dilaksanakan hanya di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Karena setelah kita membuka database pemerintah daerah se Indonesia yang menggunakan pola Me’Daseng, dalam konteks untuk pelayanan masyarakat hanya ada pada Kabupaten Kepulauan Sangihe,” jelasnya.

Ditambahkan Bupati, ini telah menjadikan inovasi yang telah kita dorong, sebagai bagian dalam konteks merebut apa yang menjadi dukungan pemerintah pusat terhadap dana hasil pembagian di daerah.

“Karena saat ini pemerintah pusat dalam pembagian dana bagi hasil daerah, mereka berorientasi pada inovasi daerah terhadap kinerja Pemkab yang dilandasi dengan kegiatan yang menunjang berbagai produk atau pelayanan dasar di Pemkab sendiri,” imbuh Gaghana sambil memohon doa restu masyarakat agar program Me’daseng ini bisa terus berlangsung hingga pemerintahan Gaghana-Hontong berakhir.

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.