264 Bacaleg Berebut 25 Kursi DPRD Sangihe

oleh
Sekretaris KPU Kabupaten Kepulauan Sangihe Alwy Kawoka SPd ME

TAHUNA-Sedikirnya  264 Bakal Calon Legislatig (Bacaleg) yang resmi terdaftar dan diumumkan oleh KPUD Sangihe dalam Daftar Calon Sementara (DCS) yang bakal bertarung dalam Pemilu 2019 mendatang. Jumlah ini sendiri akan memperebutkan 25 kursi di lembaga DPRD Sangihe.

Sekretaris KPU Kabupaten Kepulauan Sangihe Alwy Kawoka SPd ME menjelaskan, untuk DCS totalnya 264 orang yang sudah diumumkan secara terbuka kepada publik atau masyarakat, sejak tanggal 11-14 Agustus 2018.

“Usai diumumkan, diberikan ruang selama 7 hari, bila ada tanggapan dari masyarakat. Karena ada juga bakal calon legislatif yang masih berstatus honor daerah. Makanya diberikan ruang untuk tanggapannya,” kata dia.

Pula dijelaskan, sesuai tahapan yang ditentukan, tanggal 21-22 Agustus 2018, diberikan ruang bagi parpol untuk proses perbaikan.

“Kalau perbaikan tentunya terkait dengan pribadi atau individu tiap bakal calon legislatif yang sudah terdaftar di DCS. Lagipula masih ada bakal calon legislatif yang berstatus honor daerah. Hal ini perlu diperhatikan agar prosesnya bisa dilaksanakan sesuai tahapan dan aturan serta ketentuan yang berlaku,” tandasnya.

Baca juga:   Hadiri Pemberkatan Kawin Masal. Gaghana Sebut Terobosan Program PKK Bina Keluarga

Bila semua kelengkapan diperhatikan dan dipenuhi, maka prosesnya akan berlanjut ke tahapan pengunguman Daftar Calon Tetap (DCT) yang diumumkan akhir Agustus 2018.

Rincian jumlah bakal calon legislatif (bacaleg) dalam DCS sesuai Daerah Pemilihan (Dapil) yaitu :
-Dapil I = 93 orang (laki-laki 57 orang, perempuan 36 orang).
-Dapil II = 96 orang (laki-laki 62 orang, perempuan 34 orang).
-Dapil III = 75 orang (laki-laki 75 orang, perempuan 32 orang).
(*Sumber : KPU Kabupaten Kepulauan Sangihe)

(Sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *