500 Terumbu Karang Ditanam di Pantai Boboca

oleh
Bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) PT Angkasa Pura I (Persero) di bidang bina lingkungan.(foto: istimewa)

MANADO-Sebanyak 500 terumbu karang (Coral) jenis Acropora ditanam PT Angkasa Pura I (Persero) di area pantai Boboca, Kecamatan Malalayang, Selasa (7/8/2018) pagi.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Devy Suradji mengatakan, penanaman coral tersebut diharapkan mampu mengembangkan potensi wisata Sulawesi Utara. Dan menjadikan Taman Bawah Laut Boboca semakin indah, sehingga dapat menarik pengunjung untuk datang.

“Kami harap semua menjaga kelestariannya, jangan sampai dirusak,” imbuh Devy, sebelum memulai kegiatan bertajuk Save Coral Reefs Save The Future tersebut.

Lanjutnya, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sejak lama telah menjadi magnet bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara, untuk menikmati wisata bawah laut. Karena itu, provinsi ini kerap disebut sebagai surga diving.

Para penyelam membentangkan spanduk tema kegiatan.(foto: istimewa)
Para penyelam membentangkan spanduk tema kegiatan.(foto: istimewa)

Salah satu destinasi diving yang populer di Sulawesi Utara yaitu Pulau Bunaken dengan keindahan pemandangan bawah laut dan kekayaan biota laut yang beragam. Berbagai penghargaan pernah diraih Sulawesi Utara sebagai lokasi terbaik untuk diving. Sehingga dapat dikatakan keindahan bawah laut di Sulawesi Utara sudah tidak perlu diragukan.

Baca juga:   Terjadi di Tateli, jufri Penambang Batu Tewas Tertimpa Batu

Melihat antusias wisatawan lokal dan mancanegara untuk menikmati wisata bawah laut di daerah ini, PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Sam Ratulangi Manado berupaya menjaga kelestarian terumbu karang di perairan Sulawesi Utara, khususnya Manado.

General Manager Bandara Sam Ratulangi Minggus ET Gandeguai mengatakan, terumbu karang itu bagaikan rumah bagi biota laut.

Jika kita ingin menghadirkan wisata bawah laut yang indah dengan keanekaragaman biota lautnya, maka kita harus dapat melestarikan terumbu karang. Walaupun di tengah arus perkembangan kota saat ini.

Dipilihnya Pantai Boboca di Kawasan Malalayang, sebut Minggus, karena dinilai memiliki potensi wisata baqah laut. Meski berada dekat dengan area perkotaan.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat dinikmati hingga masa mendatang,” ujar Minggus.

Di sela kegiatan, diserahkan bantuan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) kepada Pelang (Peduli Laut Negeri) Divers.

Baca juga:   Sekarang, Buat KTP Tak Harus ke Kantor Disdukcapil

Pihak Pelang Divers pun menyambut baik penanaman terumbu karang yang dilaksanakan oleh PT Angkasa Pura I (Persero). Efra Wantah selaku Ketua Organisasi Peduli Laut Negeri menyampaikan apresiasinya bagi Angkasa Pura I. Atas kepedulian terhadap kelestarian laut di wilayah Sulawesi Utara khususnya Manado.

Sebelum turun untuk melakukan penanaman terumbu karang secara simbolis, para undangan dan pihak Angkasa Pura I melaksanakan briefing. Terkait panduan penanaman terumbu karang bersama dengan Dragonet sebagai fasilitator diving.

(Harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *