Penyerapan Anggaran Triwulan II Minim

oleh
Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong SE

TAHUNA-Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong SE merasa prihatin dengan adanya beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam penyerapan anggaran triwulan kedua yang dinilai pada posisi zona merah. Olehnya Hontong meminta agar pimpinan OPD segera melakukan kordinasi bila ada masalah sebab  penyerapan anggaran harus terbuka dan segera melakukan konsultasi dengan Pimpinan Daerah, Inspekorat, dan Bappeda.

Menurutnya, pembagian jabatan serta tanggungjawab disetiap OPD haruslah mengutamakan kualitas serta punya motivasi berusaha keluar dari zona merah, apalagi penilaian ini akan berpengaruh terhadap capaian kinerja bagi Kepala OPD, kepala Bidang, Kepala Bagian hingga ke Kepala Seksi.

“Kalau terjadi persoalan apalagi menghadapi permasalahan, diharapkan dapat berkoordinasi dengan Bupati, Wabup, Inspektorat dan Bappeda,” ungkap Hontong.

Lebih lanjut Hontong menjelaskan, jika terjadi suatu kendala secepatnya mencarikan solusi jangan hanya diam.

“Carikan solusi apa yang akan diambil jangan hanya diam saja, lakukan konsultasi saling bertanya, karena banyak OPD yang masuk di zona merah, dan yang mendapatkan warna kuning dan biru hanya enam OPD dari sekian banyak OPD yang ada,” jelasnya.

Kalau bisa lanjut Hontong, disetiap OPD di masing-masing bidang harus ada KPA-nya sendiri atau pelimpahan wewenang.

Baca juga:   Gaghana Buka Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

“Saya ingin di masing-masing bidang ada KPA-nya untuk mengelolah dana ini, jangan setiap OPD hanya ada satu KPA dan semua bidang akan dia tanggulangi,” imbuhnya sambil berharap penyerapan anggaran di setiap OPD lebih dimaksimalkan lagi.

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *