Ciptakan Penyuluh KB Profesional, BKKBN Sulut Latih 20 PNS

oleh
Kabid Latbang BKKBN Sulut Drs Joppy Kalesaran (keenam kiri barisan kedua) dan jajaran bersama para peserta Diklat.

MANADO-Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Sulut memperkuat peran Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB).

Melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat) fungsional dasar bidang pengendalian penduduk, KB, dan pembangunan keluarga.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Dra Theodora Pandjaitan MSc melalui Kabid Latbang Drs Joppy Kalesaran mengatakan, Diklat yang berlangsung sejak 8-28 Juli ini diikuti 20 orang PLKB dan PKB PNS dari kabupaten/kota di Sulut.

Hasil Diklat tersebut, ucap Kalesaran, peserta diharapkan mampu memahami dan terampil dalam melaksanakan tugas dan fungsi, serta tata kerja penyuluh Keluarga Berencana.

Juga memiliki wawasan tentang visi dan misi BKKBN, terampil dalam pengelolaan dan pelaksanaan program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga), serta profesional untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk.

Dipusatkan di Balai Latbang Perwakilan BKKBN Sulut, peserta menerima sejumlah materi. Di antaranya, perkembangan program KKBPK, standar kompetensi tugas dan fungsi Penyuluh KB, program KB/KR, metoda kontrasepsi, kependudukan, dan konsep dasar demografi.

Baca juga:   Arti Natal Bagi Plt Kepala BKKBN Sulawesi Utara Drs Sugiyatna MM

Selanjutnya konseling pelayanan KB, penggerakkan partisipasi masyarakat, bridging leadership, program KSPK, pengelolaan Poktan, Sistim Informasi Keluarga, pengendalian lapangan, pendataan keluarga, penguatan mitra potensial lini lapangan, Kampung KB, advokasi KIE, mekanisme operasional lini lapangan, angka kredit penyuluh KB, dan praktek lapangan.

(Harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *