Korem 131/Santiago Kuatkan Karakter Siswa Baru SMKN 1 Manado

oleh
Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri SIP MSi memberikan arahan kepada para pelajar SMKN 1 Manado di Aula Santiago Makorem 131/Santiago.

MANADO-Para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Manado menyambangi markas Korem 131/Santiago, Senin (16/7/2018).

Peserta didik baru itu pun dibekali pengetahuan dan wawasan kebangsaan.

Komandan Korem (Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri SIP MSi mengatakan, pihaknya berharap penuh para pelajar menjadi mengerti apa tugas menjadi siswa siswi. Salah satunya, mereka tidak bergaul secara bebas. “Karena mereka adalah pemilik bangsa ini,” terang Danrem Joseph.

Lanjutnya, para pelajar diberikan materi bela negara secara praktis selama tiga hari. Di dalamnya, pengenalan tentang bahaya proxy war, radikalisme dan terorisme, narkoba, serta bahaya lainnya.

Proses penyerahan siswa disaksikan oleh orang tua di sela upacara pembukaan kegiatan.
Proses penyerahan siswa disaksikan oleh orang tua di sela upacara pembukaan kegiatan.

“Pada hari pertama diisi pengarahan, kemudian tata cara baris berbaris, dan kegiatan disiplin lainnya. Kegiatan kita kemas dalam bentuk interaksi para siswa dengan pembimbingnya,” kunci Danrem pemilik satu bintang di pundak ini.

Di sisi lain, Kepala SMK Negeri 1 Manado Moodie Lumintang mengatakan, kegiatan ini termasuk pengenalan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru. Dalam hal ini bekerja sama dengan Korem 131/Santiago.

Baca juga:   Tinggi Gelombang 2,5-4 Meter, Pengguna Angkutan Laut dan Nelayan Diimbau Tidak Melaut

Diterangkannya, kegiatan telah diawali dengan penyerahan orang tua murid kepada pihak sekolah. Selanjutnya dari pihak sekolah menyerahkan kepada Korem 131/Santiago untuk pembinaan karakter bela negara.

“Ada dua lokasi yang kita gunakan dalam kegiatan tersebut. Pertama di Markas Korem 131/Santiago, dan kedua di sekolah,” katanya.

Menurut Lumintang, pihaknya ingin agar para siswa ditanamkan rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu, penguatan karakter bagi para pelajar SMK 1 Negeri Manado. “Cara kita melakukan pendekatan humanisme dengan murid. Kami juga mengenalkan kepada para siswa, bagaimana TNI mempertahankan Indonesia,” pungkasnya.

(Harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *