Berumur 395 Tahun, Kota Manado Semakin Cerdas

oleh

MANADO– Kota Manado layak menyandang gelar Kota Cerdas. Di usianya yang genap 395 tahun yang jatuh pada hari ini, Sabtu (14/7/2018), Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kembali melaunching 2 aplikasi untuk layanan masyarakat. Kedua aplikasi ini lebih memperkaya aplikasi layanan bagi warga Kota cerdas ini.

Wali Kota Manado Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, dipuncak acara perayaan HUT ke 395 Kota Manado yang di gelar di Ruang Serbaguna Pemkot Manado siang tadi, secara langsung melaunching 2 aplikasi ini, yakni ZPAN dan RETE.

“Dua aplikasi ini diluncurkan untuk melengkapi layanan layanan yang sudah ada terlebih dahulu,” tukas Plt Kepala Diskominfo Erwin Kontu SH kepada media ini.

Dijelaskan Kontu, ZPAN adalah Aplikasi mengenai Zona Penangkapan Ikan. Aplikasi ini berbasis website, dan akan sangat membantu bagi para nelayan untuk mengetahui wilayah-wilayah penangkapan ikan di laut.

Baca juga:   Atasi Kemacetan, Dishub Manado Prakarsai Pertemuan Dengan Forum Lalu Lintas dan Ketua Basis

“Aplikasi ZPAN adalah hasil kerjasama Pemkot Manado dengan LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional),” ujar Kontu.

Sedangkan aplikasi RETE lanjut Kontu, adalah aplikasi antrian online berbasis Android, yang bagi masyarakat Manado berguna untuk mengambil nomor antrian dan juga bisa memberikan rating penilaian untuk layanan pemerintah.

“Jadi dengan menggunakan aplikasi RETE, warga Kota Manado bisa mengambil nomor antrian di suatu instansi pelayanan milik Pemkot Manado hanya dengan menggunakan Smartphone. Bisa dari mana saja dan cukup melalui smartphone, dan tak perlu antri berlama-lama untuk mengambil nomor antrian layanan,” jelasnya lagi.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Ir Nolvy Talumewo mengapresiasi layanan Aplikasi ZPAN ini.

“Aplikasi ini akan sangat membantu para nelayan di Kota Manado. Sebab, sebelum para nelayan melaut, mereka akan tahu posisi atau wilayah dilaut yang banyak ikannya. Ini akan lebih menghemat waktu, tenaga dan biaya,” kata Talumewo.

Apresiasi yang sama juga diberikan oleh Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Jimmy Charles Rotinsulu dan Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipill (Disdukcapil) Julises Oehlers untuk aplikasi RETE.

Baca juga:   Musim Kemarau Panjang, DLH Manado Giat Rawat Taman Kota

“Saya berharap aplikasi RETE ini bisa saling melengkapi dengan sistem layanan yang sudah ada di instansi kami,” ucap Rotinsulu yang juga diaminkan Oehlers.

Dengan diluncurkan 2 aplikasi ini, warga Kota Manado semakin dimanjakan dengan berbagai layanan, yang pastinya akan lebih mempermudah dalam mengurus perijinan, pengurusan administrasi kependudukan dan kegiatan aktifitas sehari-hari.

(BS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *