500 Prajurit Yonif 711/Raksatama Ditugaskan Operasi Pam Rahwan di Maluku dan Malut

oleh
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni memeriksa kesiapan pasukan di Dermaga Lanal Palu.

SULTENG-Sebanyak 500 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 711/Raksatama akan bertugas selama 9 bulan di Maluku dan Maluku Utara, guna menjalankan tugas operasi pengamanan daerah rawan (Pam Rahwan) di dua provinsi tersebut.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni SE memimpin langsung upacara pemberangkatan pasukan pada Senin (9/7/2018), di Dermaga Lanal Palu, Kelurahan Watusampu, Kecamatan Ulujadi Kota Palu

Menurut Madsuni, wilayah geografi Maluku dan Maluku Utara sangat luas dan tersebar. Berbatasan dengan negara Filipina, Timor Leste dan Australia.

Wilayah Maluku Utara juga memiliki potensi kerawanan tersendiri sebagai jalur ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia) III dengan sumber daya alam berlimpah.

Para prajurit yang akan bertugas dalam Pam Rahwan Maluku dan Malut.
Para prajurit yang akan bertugas dalam Pam Rahwan Maluku dan Malut.

Konflik horizontal di Maluku Utara, sebut Madsuni, menyisakan kerawanan munculnya kelompok radikal kiri (RAKI), radikal kanan (RAKA) dan kelompok radikal lain (RALA).

Madsuni juga memerintahkan menjaga nama baik satuan, laksanakan tugas dengan penuh keyakinan, dan yakinlah kami di sini mendoakan keselamatan seluruh anggota satgas.

Baca juga:   Sambangi Kodim 1304, Danrem 133/Nwb Ingatkan Sikap TNI di Tahun Politik

“Tunjukkan bahwa kalian adalah prajurit Kodam XIII/Merdeka yang bisa diandalkan dan dilandasi dengan sikap disiplin tinggi,” kata jenderal dua bintang di pundak ini.

Madauni juga menekankan agar mempertahankan kesiapsiagaan dan kewaspadaan. Dengan engembangkan naluri tempur dan intelijen, serta utamakan faktor keamanan dengan benar agar tidak terjadi kerugian yang tidak perlu.

Sementara itu, Danyonif 711/Rks Letkol Inf Fanny Pantow yang juga Dansatgas Pam Rahwan Maluku dan Maluku Utara menambahkan, setelah upacara pasukan Yonif 711/Rks kembali ke homebase di Mako Yonif 711/Rks. Sambil menunggu kapal yang akan mengangkut pasukan.

“Prajurit Yonif 711/Rks rencana berangkat pada Kamis, 12 Juli 2018 melalui jalur laut. Menggunakan kapal milik TNI AL yaitu KRITeluk Bintuni yang sementara perjalanan menuju Lanal Palu.

Yonif 711/Rks ini merupakan batalyon infanteri dibawah komando Brigif 22/Ota Manasa, Kodam XIII/Merdeka.

(Harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *