Operasi Pengamanan Pulau Terluar Diintensifkan Kodam XIII/Merdeka

oleh
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni mengecek pasukan saat upacara peringatan HUT ke-60 Kodam XIII/Merdeka di Tomohon.

MANADO-Kodam XIII/Merdeka secara berkala menggelar Operasi Pengamanan Pulau Terluar secara terintegrasi dengan satuan lain.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni mengatakan, operasi ini dimaksudkan untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, dan melindungi segenap bangsa Indonesia. Sebagai tugas pokok TNI.

Lanjutnya, pelaksanaan operasi ini secara rutin karena wilayah kerja Kodam XIII/Merdeka mencakup daerah perbatasan dengan negara tetangga Filipina. “Sehingga memiliki potensi kerawanan tersendiri yang harus ditangani secara khusus,”

“Ingat, wilayah kerja Kodam XIII/ Merdeka mencakup daerah perbatasan dengan negara tetangga, yakni Filipina. Sehingga memiliki potensi kerawanan tersendiri yang harus ditangani secara khusus,” kata Madsuni.

Integrasi dengan satuan lain, di antaranya, TNI Angkatan Laut khususnya dari Lantamal VIII/Manado, bantuan intelijen dari Bais TNI, evakuasi laut dari Koarmada II, pencitraan udara dari Koopsau II, Ops Kamtibmas Terpadu dari Polda Sulut, dan program pembangunan daerah perbatasan oleh Pemda.

Baca juga:   Ratusan Personel Kodam XIII/Merdeka Donorkan Darah di Sintesa Peninsula

Langkah lainnya berupa peresmian Kodim 1312/ Talaud pada akhir tahun lalu. “Ini untuk memendekkan rentang kendali komando satuan-satuan kewilayahan agar lebih efektif dan efisien,” pungkas Madsuni.

(Harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *