James Sumendap-Vicky Lumentut-Tatong Bara Bakal Terima Penghargaan Bergengsi dari Presiden Jokowi

oleh

MANADO-Empat kepala daerah di Sulawesi Utara bakal menerima penghargaan bidang kependudukan dan keluarga berencana, dan pembangunan keluarga (KKBPK)

Informasi diperoleh, sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 44/TK/Tahun 2018, penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan bakal diberikan kepada Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH, Walikota Manado Dr Ir Godbless Sofcar Vicky Lumentut SH MSi DEA, dan Walikota Kotamobagu Ir Hjn Tatong Bara. Mereka akan menerima penghargaan ini bersama 18 kepala daerah lainnya.

Kemudian, Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) berdasarkan Keputusan Kepala BKKBN Republik Indonesia Nomor 57/KEP/G2/2018, akan diberikan kepada Walikota Bitung Maximilian Jonas Lomban SE MSi.

Direncanakan, penyematan penganugerahan tersebut digelar saat Temu Prestasi KKBPK di rumah dinas Gubernur Sulawesi Utara di Bumi Beringin, Manado, Jumat (6/7/2018) nanti, dalam rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional ke-25 di Sulut.

Tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan bagi James Sumendap SH, karena kepemimpinannya di periode 2013-2018 dinilai berhasil membangun kualitas hidup masyarakat. Dengan menyukseskan program kependudukan dan KB melalui pembentukan Kampung KB, Rumah Data, dan PIK Remaja yang melibatkan SKPD terkait. Disertai juga pembangunan pasar yang representatif, peningkatan jumlah akseptor KB, pemberian pelayanan kesehatan dan pendidikan kepada anak usia sekolah sehingga tercapainya TFR sebesar 2,5%, dan pertumbuhan penduduk sebesar 1,58%.

Baca juga:   Ringankan Beban Masyarakat, Wali Kota GSVL Bagikan Bansos untuk Buruh Pelabuhan

Selanjutnya, Walikota Manado Dr Ir Godbless Sofcar Vicky Lumentut SH MSi DEA, pada periode 2016-2021 berhasil membangun kualitas hidup masyarakat dengan menyukseskan program Kependudukan dan Keluarga Berencana. Melalui pembentukan kelembagaan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, peningkatan APBD, pembentukan Kampung KB dan PIK Remaja, Pembangunan Rumah Pintar, bedah rumah sehat, pemberian beasiswa kepada masyarakat, pelayanan kesehatan gratis sehingga tercapai TFR 2,7%, dan menurunnya jumlah keluarga miskin di Kota Manado.

Bagi Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara di masa jabatan 2013-2018, berhasil membangun kualitas hidup masyarakat dengan menyukseskan program kependudukan dan KB. Melalui pengalokasian anggaran untuk Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, pembangunan sarana dan prasarana, pembentukan Kampung KB dan Puspaga yang terintegrasi dengan dinas terkait, pelayanan kesehatan dan pendidikan sehingga berhasil mencapai TFR 2,2%, diikuti MKJP sebesar 76% di Kota Kotamobagu.

Baca juga:   Hadiri Mubes 1 IWO, Reppy Beberkan Meriahnya Pembukaan Gelaran Manado Fiesta

Sementara itu, Plt Kepala BKKBN Republik Indonesia dr Sigit Priohutomo MPH menilai Walikota Bitung Maximilian Jonas Lomban SE MSi berhak atas penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK). Karena mempunyai prestasi, komitmen, dukungan, dan dharma bakti yang besar serta kepemimpinannya dalam pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga di wilayahnya.

(Harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *