BKKBN Topang Kampus di Manado Rancang Generasi Muda Berkualitas

oleh
Prof drh Muhammad Rizal Martua Damanik MRepSc PhD (kelima kanan), Dra Theodora Pandjaitan MSc (kelima kiri), dr Debie Kalalo MSc PH (ketiga kanan), bersama tamu dan panitia seminar.

MANADO-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mendukung penuh kelompok akademisi, dalam upaya mewujudkan kemandirian keluarga dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Untuk pencegahan stunting dan penyakit menular.

Dukungan tersebut dinyatakan lewat keikutsertaan Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN Pusat Prof drh Muhammad Rizal Martua Damanik MRepSc PhD, dan Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Utara Dra Theodora Pandjaitan MSc, saat seminar nasional 3 yang digelar Poltekkes Kemenkes Manado, Sabtu (23/6/2018), di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut.

Seminar bertajuk ‘Menuju Masyarakat Sehat, Berkarakter, dab Berprestasi’ ini, merupakan rangkaian Dies Natalis ke-17 Poltekkes Kemenkes Manado. Dan dibuka Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo MSc PH mewakili Gubernur Sulut.

Menurut Pandjaitan, BKKBN memberikan perhatian khusus terkait 1000 HPK. Karena periode tersebut sangat menentukan kualitas generasi muda yang dimiliki Indonesia ke depan.

Dijelaskannya, 1000 HPK terdiri dari 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada 2 tahun pertama kehidupan seorang anak.

Baca juga:   Pemilihan ASN Teladan Sulut diharapkan dorong kinerja Menuju Sulut Hebat

“Mulai dari sejak janin hingga anak usia dua tahun adalah masa yang sangat penting bagi kehidupan setiap anak. Karena itu perlu didukung dengan kecukupan gizi dengan melaksanakan IMD (inisiasi menyusui dini), pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan dilanjutkan dengan MPASI, dan menyusui selama dua tahun untuk merangsang kecerdasan anak,” tandasnya.

Ikut pada seminar ini, Kepala Badan PPSDM Kesehatan drg Usman Sumantri MSc, Wakil Rektor I Universitas Sam Ratulangi Manado Prof dr Jimmy Posangi MSc PhD, Kepala BNN Sulut Brigjen Pol Drs Charles Himler Ngili MH, dan Direktur Poltekkes Kemenkes Manado Dra Elisabeth N Barung MKes Apt.

(Harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *