Arus Mudik Dipastikan Meningkat H-3 Lebaran, Dishub Sulut Siapkan Empat Bus Cadangan

oleh
Personil Dishub saat apel Pengamanan mudik Lebaran.

MANADO—Mengantisipasi peningkatan arus mudik H-3 jelang lebaran, pemerintah akan menyediakan armada cadangan.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Manado M Sofyan melalui Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Donald Wilar mengatakan, mulai Jumat (8/6/2018), hari ini, tim gabungan akan membuat pos arus mudik di Terminal Malalayang.

“Kami akan mengawasi keamanan kendaraan yang berangkat dan kelayakannya. Kalau tidak layak, kendaraan tidak diberbolehkan diberangkatkan demi keselamatan,” ujarnya.

Menurut dia, dari pengamatan belum ada lonjakan penumpang drastis. Tapi biasanya lonjakan penumpang akan terjadi H-7 sebelum hari raya Idul Fitri.

“Puncak arus mudi akan terjadi H-3 dan H-2 sebelum hari raya. Makanya kami menyiakan empat bus cadangan. Sudah termasuk bantuan bus dari Dishub Provinsi,” katanya.

Dikatakannya jika menyambut Idul Fitri PNS pada umumnya libur, tetapi untuk Dishub tidak berlaku.

 “Sebab kami menerjunkan 120 personel untuk mengawasi arus mudik lebaran dan mengantisipasi kemacetan. Karena mobil yang akan masuk di Manado akan lebih banyak dari biasanya,” katanya.

Selain menempatkan personel di pos lebaran, ditambahkannya, personel juga akan di tempatkan di pusat perbelanjaan untuk mengatur arus lalu lintas dan membantu tugas kepolisian. “Jangan sampai terjadi kemacetan panjang. Seiring banyak mobil dari Manado maupun dari luar yang datang berbelanja,” jelasnya.

Baca juga:   Wali Kota Vicky Lumentut Resmi Buka Kejuaraan Internasional Paragliding MF 2019

Sebelumnya, Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone meminta Dishub Manado stand by menjelang hari raya Idul Fitri untuk mengantisipasi arus mudik dan kemacetan. “Sebab menjelang hari raya selalu terjadi lonjakan kendaraan. Ini harus diantisipasi supaya warga yang berbelanja aman dan lancar,” pungkasnya.

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *