Lanjut Studi ke Tingkat SMA, Siswa/Siswi Wajib Bebas Narkoba

oleh
Kepala Diknas Sangihe Drs Djoli Mandak.

TAHUNA– Upaya pencegahan pelajar bebas dari Narkoba menjadi terobosan yang harus mendapat dukungan dari semua pihak. Untuk tahun ajaran baru khususnya penerimaan siswa/siswi baru di sejumlah SMA yang ada di Sangihe untuk tahun ajaran 2018/2019, syarat bebas Narkoba bagi calon siswa/siswi menjadi hal yang mutlak.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Sangihe Drs Djoli Mandak. Menurutnya dimana, siswa/siswi yang nantinya akan melanjutkan studi ke tingkat lebih tinggi yaitu di tinggkat SMA harus melakukan tes urine dan harus mendapatkan surat keterangan bebas Narkoba (Narkotika dan Obat-obatan Terlarang) dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sangihe. Karena ada sejumlah Siswa/siswi yang diduga menggunakan Narkoba.

“Bebas Narkoba menjadi syarat mutlak bagi calon siswa/siswi untuk masuk menjadi siswa/siswi ke tingkat SMA. Dan tahun ajaran baru ini sudah ada 3 sekolah di Sangihe yang menggunakan syarat bebas Narkoba, yaitu SMA N I Tahuna, SMA N I Manganitu dan SMA N I Tamako,” ungkap Mandak.

Jelasnya lagi, salah satu syaratnya melanjutkan pendidikan yaitu harus ada surat keterangan bebas Narkoba dari BNNK Sangihe.

Baca juga:   Usai Konsultasi, APBD P Sangihe TA 2020 Masih 'Mengendap', Montang: Sementara Penyempurnaan

“Nantinya ada uji coba, yang mana penerimaan siswa baru dari tiga sekolah tersebut harus ada surat keterangan bebas narkoba,” jelas Mandak.

Terpisah Kepala BNNK Sangihe Sofie Tamburian SH ketika dihubungi menjelaskan terkait hal tersebut, bahwa pihaknya saat ini sementara melayani calon siswa/siswi yang akan melanjutkan pendidikan ditingktat SMA, untuk diterbitkan surat keterangan bebas Narkoba yang diawali dengan pemeriksaan Urine.

“Sudah ada siswa/siswi yang datang untuk meminta surat keterangan bebas Narkoba tersebut, dan sebelum kami mengeluarkan surat keterangan bebas Narkoba tersebut para siswa harus melakukan tes Urine terlebih dahulu dengan menggunakan alat yaitu Rapid Tes,” singkat Tamburian.

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *