Ketua DPW PPNI Sulut Buka Seminar Satgas Kegawatdaruratan dan Penanggulangan Bencana

oleh
Panitia bersama para pemateri seminar.

MANADO-Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sulut Jon W Tangka MKep Ns SpKMB membuka seminar kesehatan kegawadaruratan, di Ruang Bunaken Kampus Poltekkes Manado, Sabtu (2/6/2018).

Seminar kesehatan diprakarsai Satgas Kegawatdaruratan dan Penanggulangan Bencana (KPB) Poltekkes Manado ini mengangkat tema ‘Proactive Emergency and Disaster Risk Management’.

Dan topik utamanya, yaitu peran tenaga kesehatan terhadap penatalaksanaan kegawatdaruratan pre-hospital.

Jon Tangka mengapresiasi Satgas KPB Manado yang telah menyelenggarakan seminar tersebut. Apalagi kepedulian Satgas KPB yang menilai masih dibutuhkan peningkatan terkait penanggulangan kegawatdaruratan dan bencana di daerah ini.

Ketua DPW PPNI Sulut Jon Tangka (kanan) menerima sertifikat dari ketua panitia I Dewa Kamendra.
Ketua DPW PPNI Sulut Jon Tangka (kanan) menerima sertifikat dari ketua panitia I Dewa Kamendra.

Diharapkannya, kegiatan ini menjadi pemicu untuk melaksanakan iven serupa secara nasional maupun internasional.

“Termasuk persiapan jika ada kompetisi antar mahasiswa di bidang kegawatdaruratan dan penanggulangan bencana, juga membantu pemerintah dalam promosi kesehatan,” tandasnya.

Panitia seminar yang diketuai I Dewa Kamendra serta Sekretaris Rezha CY Giroth tersebut, menghadirkan lima pemateri.

Baca juga:   Gerakan RSUP Kandou Topang PMI, Peringati Hari Donor Darah Sedunia

iklan harryDi antaranya, Ketua DPW PPNI Sulut Jon W Tangka MKep Ns SpKMB membawakan materi Etik Legal Dalam Keperawatan Gawat Darurat. Ketua Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (Hipgabi) Sulut Ns Suwandi I Luneto SKep MKes menyampaikan materi Penanganan Kegawatdaruratan Pra Rumah Sakit.

Kemudian tiga dosen Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Manado yaitu Simple Technique for Evacuation and Transportation oleh Rolly Rondonuwu MKep Ns SpKMB, Basic Life Support AHA 2015 Updates oleh Ns Maykel Killing SPd SKep MKep, dan Ns Joice M Laoh SPd SKep MKep dengan materi Manajemen Trauma Muskuloskeletal.

(Harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *