Amalkan Nilai-nilai Pancasila, Danrem Joseph Yakin Indonesia Aman, Tentram, Adil dan Makmur

oleh
Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.

MANADO-Nilai-nilai Pancasila jika diamalkan seluruh warga Indonesia, pasti akan membuat negara ini aman, tentram, adil dan makmur.

Hal tersebut ditekankan Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri SIP MSi usai memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Markas Korem 131/Santiago, Jumat (1/6/2018) pagi.

Kepada sejumlah wartawan, Danrem mengingatkan, Pancasila yang lahir itu digali dari nilai-nilai budaya bangsa. Dan nilai-nilai historik yang digali oleh para founding fathers Indonesia sangat luar biasa.

Prajurit mengikuti upacara dengan hikmat.
Prajurit mengikuti upacara dengan hikmat.

“Kita semua harus sadari, kita adalah Bangsa Indonesia. Kita bukan bangsa asing atau dari negara-negara lain di luar sana. Ideologi-ideologi yang lain adalah ideologi-ideologi asing. Yang justru dimasukkan, disusupkan, dikemas sedemikian rupa supaya bisa menarik kita,” tegas Danrem.

Karena itu, saat membacakan amanat Presiden Joko Widodo, Danrem menyerukan semua komponen masyarakat untuk memanfaatkan peringatan Hari Lahir Pancasila. Sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

Baca juga:   Kapolres Minut Turun Tangan Ikut Padamkan Api di Gunung Klabat

Marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

iklan harryNegara manapun di dunia ini akan selalu berproses menjadi masyarakat yang bhineka dan majemuk.

Seringkali kemajemukan ini juga dibayang-bayangi oleh risiko intoleransi, ketidak-bersatuan dan ketidak-gotong royongan.

Saatnya kita berbagi pengalaman dalam berbhineka tunggal ika, bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Di sela pelaksanaan upacara, prajurit Korem 131/Santiago dengan hikmat membacakan teks Pancasila, menyimak teks Pembukaan UUD 1945, serta mengumandangkan Mars Garuda Pancasila.

(Harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *