Senam Prolanis Bermanfaat Bagi Perbaikan Kesehatan Peserta JKN-KIS

oleh
Beberapa peserta JKN-KIS yang memanfaatkan pelayanan kesehatan di tempat praktek Dokter Cicilia.

MANADO-Senam Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) begitu dirasakan manfaatnya oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Hal tersebut diungkapkan Jefta Noya, peserta bukan penerima upah (PBPU) kelas 1 yang berdomisili di Kelurahan Dendengan Dalam Lingkungan 6, Kota Manado.

Pada Tahun 2012 lalu, Jefta masih berobat di Apotek Cartens dan telah didiagnosa penyakit jantung dan tahun yang sama pula dokter spesialis tulang sudah memvonis operasi tulang di Malaysia.

Kemudian bergabung dengan Dokter Keluarga dr Cicilia sejak 2015 dan langsung menjadi Peserta Rujuk Balik (PRB). Disebutkan Jefta, dia memilih Dokter Keluarga karena tempat praktek Dokter Cicilia dekat dengan tempat tinggalnya.

“Saya pun sebenarnya takut ikut senam Prolanis, karena saya takut untuk terlalu sering menggerakkan lutut saya” ungkap Jefta.

Tapi setelah ikut senam Prolanis, Jefta mengungkapkan lututnya sekarang sudah normal kembali atau sudah lancar digerakkan. “Jadi saya bersyukur sudah normal kembali dan hanya mengambil obat rutin di dokter pribadi saya (Dokter Keluarga) yaitu dr Cicilia,” jelas Jefta.

Baca juga:   Ini Karya Dr dr Ivonne Elisabeth Rotty MKes, Direktur SDM dan Pendidikan RSUP Kandou

Diakui pula bahwa perubahan kesehatan yang berangsur membaik, sangat signifikan dirasakannya.

“Harapan saya, agar senam Prolanis ini terus berlanjut,” jelas Jefta.

Dia juga menjelaskan, untuk pengambilan obat jika sebelumnya antri lama dan sering habis, tapi sekarang tidak ada kendala lagi.

iklan harrySementara itu, Dokter Cicilia menerangkan, bahwa pemberian edukasi ke pasien selain penyampaian secara lisan, diperlihatkan juga foto-foto kegiatan untuk pasien program rujuk balik (PRB). “Bersyukur dengan cara tersebut, pasien Jefta Noya sudah senang ikut senam Prolanis. Dan untuk pengambilan obat bagi pasien PRB saat ini lebih mudah, dimana saya sudah membuka jejaring dengan apotek yang tersedia di tempat praktek saya,” ungkap dr Cicilia.

Di setiap penyelenggaraan senam Prolanis setiap hari sabtu, peserta pun sering sharing pengalaman-pengalaman saat sakit maupun masa-masa sekolah. “Karena kebanyakan peserta adalah Lansia,” tandasnya.

Di sisi lain, Angla Pelealu Kepala Bidang Penjaminan Pelayanan Primer BPJS Kesehatan Cabang Manado mengatakan, pihaknya telah mengembangkan Family Folder. Bertujuan untuk memudahkan peserta dan anggota keluarga saat mendapatkan pelayanan.

Baca juga:   Tidur adalah Kebutuhan Biologis Penting, Ini Durasi Normal Setiap Usia

(Harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *