Pangdam XIII/Merdeka: Opster Sintuwu Maroso Bangkitkan Semangat Nasionalisme

oleh
Pangdam Merdeka Mayjen TNI Madsuni (ketiga kiri) menyerahkan hadiah kepada Babinsa.

POSO-Operasi Teritorial (Opster) Sintuwu Maroso Jilid I Tahun 2018 terlaksana sukses di Kecamatan Poso Pesisir.

Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayor Jenderal TNI Madsuni menjelaskan, operasi teritorial yang digelar TNI bertujuan meningkatkan keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

“Supaya memperkuat kemanunggalan TNI dan rakyat,” ucap Madsuni, saat menutup Operasi Teritorial Sintuwu Maroso-I di lapangan sepakbola Desa Mapane, Kecamatan Poso Pesisir, Sulawesi Tengah, Sabtu (19/5/2018).

Operasi teritorial juga membantu terwujudnya pembangunan infrastruktur. Dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan hidup masyarakat.

“Saya minta seluruh hasil karya yang telah dikerjakan melalui operasi teritorial ini terus dipelihara dengan baik. Termasuk sikap kebersamaan dan persaudaraan yang selama ini terbangun dengan baik,” tandas Madsuni.

Sambutan Mayjen TNI Madsuni saat upacara penutupan.
Sambutan Mayjen TNI Madsuni saat upacara penutupan.

Selama kurang lebih 70 hari gelaran operasi teritorial sejak 12 Maret 2018 lalu, Satgas Opster yang terdiri dari prajurit TNI, Polri, dan Pemda, bersinergi dengan segenap komponen masyarakat Poso.

Baca juga:   Berziarah, Kolonel Czi Ritiauw Maknai Peninggalan Bersejarah Pahlawan Nasional Hi Nani Wartabone

Pada operasi teritorial itu, lanjut Madsuni, telah dilaksanakan berbagai kegiatan nonfisik bersifat sosial kemasyarakatan.

Seperti penyuluhan kesehatan dan pengobatan massal, perpustakaan keliling, Pramuka, dan pelatihan. Untuk meningkatkan jiwa nasionalisme, wawasan kebangsaan, dan kesehatan masyarakat.

Pangdam XIII/Merdeka memukul gong didampingi pimpinan Pemda Poso dan Satgas Opster.
Pangdam XIII/Merdeka memukul gong didampingi pimpinan Pemda Poso dan Satgas Opster.

“Saya selaku penanggung jawab Operasi Teritorial TNI Sintuwo Maroso 2018 menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materil sehingga operasi teritorial TNI ini berjalan baik dan lancar,” kata Madsuni.

Lanjut Madsuni, operasi teritorial sudah dirasakan hasilnya. Antara lain, situasi Poso dan sekitarnya semakin aman dan damai, hingga kegiatan ekonomi riil di tengah-tengah masyarakat semakin meluas.

Itu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, sistem pemerintahan, pertahanan dan keamanan semakin baik. “Diharapkan terbina semangat nasionalisme dan cinta Tanah Air secara terus menerus,” pungkas Madsuni.

(Harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *