Babinsa se-Talaud Tingkatkan Kemampuan Manajemen Hingga Komunikasi Sosial

oleh
Para Babinsa jajaran Kodim 1312/Talaud yang mengikuti Latnister.

TALAUD -Latihan Teknis Teritorial (Latnister) diikuti 116 Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 1312-01 hingga 1312-08 jajaran Kodim 1312/Talaud, Kamis (17/5/2018) di aula markas Kodim 1312/Talaud.

Komandan Kodim (Dandim) 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan SE mengatakan, Latnister kali ini menekankan tentang lima kemampuan teritorial yang wajib dimiliki para Babinsa.

Di antaranya, kemampuan temu cepat dan lapor cepat. Kemampuan manajemen teritorial. Kemampuan penguasaan wilayah. Kemampuan pembinaan perlawanan rakyat. Dan kemampuan komunikasi sosial.

Lima hal itu, tegas Gregorius, harus diterapkan dalam melaksanakan tugas di lingkungan masyarakat di setiap desa binaan.

Dandim 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan (kiri) memimpin upacara pembukaan Latnister 2018.
Dandim 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan (kiri) memimpin upacara pembukaan Latnister 2018.

“Untuk Kodim baru ini, kita semua wajib mengerti apa yang dimaksud dengan lima kemampuan Ter. Apalagi Kodim pulau terluar, wajib bagi para Babinsa mengerti membuat laporan tentang kegiatan di wilayah atau desa binaannya. Para Babinsa juga wajib mengerti dan bersinergi dengan masyarakat dan aparat desa. 3 pilar desa harus dijalin secara baik dan dilaksanakan para Babinsa,” sebut eks Komandan Batalyon Armed 19/Bogani ini.

Ditekankan Gregorius, tahun 2018 adalah tahun politik. “Semua Babinsa termasuk staf harus memegang teguh netralitas TNI termasuk saat pelaksanaan Pilkada nanti,” ucapnya.

Baca juga:   Upacara HUT TNI ke-73 di Kodim Minahasa Dihadiri Kapolres Minsel

Seluruh Aparat teritorial (Apter), tambah Gregorius, dengan adanya Latnister ini diharapkan dapat mengaplikasikan materi pelatihan dalam pelaksanaan tugas di lapangan. Supaya kemampuan Apter semakin maksimal sesuai harapan Komando Atas.

Hadir pada upacara pembukaan Latnister, Pasi Intel Kodim Lettu Inf Alfian Taengetan, Pasi Ops Kapten Inf Tamalawe, Pasi Ter Lettu Arm Kenedi E, para Danramil, juga Komandan Unit Inteldim Lettu Inf Rudolf Maariwuth.

(Harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *