Masuk Bulan Kelima, Baru 31 Kampung Cair Dandes Tahap Pertama

oleh
Kepala Dinas PMD Sangihe Jeffry Gaghana SH.

TAHUNA– Kondisi pengelolaan keuangan Dana Desa (Dandes) tahun anggaran 2018 sangat memprihatinkan. Pasalnya memasuki bulan kelima tahun anggaran berjalan, baru 31 Kampung dari 145 Kampung di Kabupaten Sangihe yang mencairkan atau merealisasikan alokasi Dandes tahap pertama sejumlah 20 persen.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Jeffry Gaghana SH tidak menampik ketika ditemui SulutAktual.com.

“Benar sampai sekarang baru 31 Kampung yang sudah mencairkan 20 persen Dandes yang diperuntukan bagi penghasilan tetap (Siltap) Kapitalaung dan perangkat kampung lainnya,” ungkap Gaghana.

Disingung masih banyaknya jumlah kampung yang belum merealisasikan Dandes tahun anggaran 2018 tahap pertama, Gaghana menyatakan kelengkapan berkas penting pencairan tahap pertama ini seperti Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBKam) dan Rencana Kerja Pemerintah Kampung (RKPKam) masih banyak yang belum rampung.

“Mengingat sudah memasuki injury time pencairan Dandes tahap pertama tahun anggaran 2018, maka Dinas PMD Sangihe menurunkan tim monitoring dan evaluasi dalam kaitannya melihat persoalan yang terjadi sehingga terjadinya keterlambatan penuntasan APDKam dan RKPKam. Dan saya berharap dalam waktu dekat semua kampung yang belum mencairkan Dandes tahap pertama segera mengejar ketertinggalan yang ada,” imbuh Gaghana sambil menambahkan bahwa dirinya optimis pencairan Dandes tahap pertama tuntas sesuai dengan deadline yang diberikan.

Baca juga:   Gaghana: Olahraga Bersama Cegah Corona

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *