Hearing dengan KSBSI, DPRD Manado Rekomendasikan Buruh Kebersihan diikutkan BPJS Ketenagakerjaan

oleh
Suasana saat pelaksanaan hearing.

MANADO – Sesuai janji yang disampaikan oleh Wakil ketua DPRD kota Manado, Richard Sualang saat KSBSI menggelar Aksi Unjuk rasa jelang May Day, Senin (30/4/2018) lalu. Maka menindak lanjuti aspirasi KSBSI, Kamis (3/5/2018) siang KSBSI dan Pemkot Manado diundang ke DPRD kota Manado untuk melakukan hearing (dengar pendapat) terkait Tenaga Harian Lepas (THL) di kota Manado.

Hadir pula anggota Komisi B DPRD kota Manado, Abdul Wahid Ibrahim yang mendampingi Wakil ketua.

Dalam hearing tersebut, langsung dipersilahkan kepada KSBSI untuk menyampaikan permasalahan terkait THL atau buruh kebersihan di kota Manado, ada 8 poin yang secara langsung disampaikan oleh Ketua cabang KSBSI kota Manado, Romel Sondakh yaitu:

  1. Adanya pengurangan buruh kebersihan kota Manado pada 2018.
  2. Buruh yang telah bekerja belasan tahun bahkan puluhan tahun diberhentikan tanpa ada kompensasi dari Pemkot Manado.
  3. Sering terjadi keterlambatan pembayaran upah.
  4. Adanya pengurangan BBM pada tahun 2017 dan 2018.
  5. Sering terjadi keterlambatan pengembalian uang BBM.
  6. Tidak ada jaminan BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan.
  7. Ada 5 buruh kenek mobil sampah di kec Wenang tidak mendapat THR 2017.
  8. Masih terjadi tekanan dan intimidasi terhadap para buruh dll.
Baca juga:   Waworuntu Apresiasi Kampanye Duta Sanitasi Sulut di Lingkungan Sekolah Dasar

“Maka kami meminta agar DPRD kota Manado mengeluarkan rekomendasi untuk menyelesaikan permasalahan buruh kebersihan yaitu harus ada regulasi untuk melindungi para buruh dengan menerbitkan Perda oleh Pemda terkait kompensasi bila diberhentikan atau pensiun, terkait BPJS kesehatan,” pungkas Sondakh

Setelah mendengarkan berbagai permasalahan dari perwakilan buruh, maka Asisten I bidang pemerintahan dan kesra Pemkot Manado, Micler Lakat yang hadir mewakili Walikota Manado menjelaskan permasalahan yang ada. Selanjutnya berjanji akan menindaklanjuti permasalahan tersebut.

“Semua permasalahan sudah kami catat dan akan kami selesaikan, bila ada Camat yang tidak sesuai maka akan segera kami panggil untuk segera menindaklanjutinya agar permasalahan ini segera selesai,” janji Lakat.

Akhirnya Wakil ketua DPRD kota Manado  mengeluarkan rekomendasi yang akan disampaikan kepada Pemkot Manado untuk ditindak lanjuti yaitu diantaranya, Mendorong kesejahteraan tenaga kerja di kota Manado khususnya buruh kebersihan, Meminta Pemkot Manado supaya seluruh buruh sampah diiikutsertakan dalam BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.

Baca juga:   Beri Pelayanan Terbaik, PD Pasar Siapkan Nomor Pengaduan

(Ferdian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *