Jelang Hari Buruh Internasional KSBSI Sulut Datangi DPRD kota Manado

oleh
Wakit ketua DPRD kota Manado, Richard Sualang saat menerima massa buruh di kantor DPRD kota Manado.

MANADO – Ratusan massa buruh yang tergabung dalam organisasi KSBSI (Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia) dipimpin langsung oleh koordinator lapangan, Hamzah Kamasaan, mendatangi kantor DPRD kota Manado, Senin (30/04/2018) siang.

Hamzah Kamasan dalam orasinya dari atas mobil pick up pembawa pengeras suara dengan lantang menyampaikan aspirasi yang ditujukan kepada DPRD kota Manado.

“Kami kemari untuk menyampaikan aspirasi dalam rangka Hari Buruh Internasional dengan menyampaikan permasalahan yang ada di Manado yang sangat banyak. Salah satunya di Hotel Sahid Kawanua,” saat membuka orasinya.

Selanjutnya tak kalah aksi salah satu pentolan KSBSI yaitu Romel Sondakh dalam orasinya juga menjelaskan berbagai problematika terkait buruh di kota Manado khususnya terkait buruh kebersihan kota Manado yang berstatus tenaga harian lepas.

“Saat ini ada 1000 PHL yang menjadi tenaga kebersihan kota Manado, dedikasi tinggi dari mereka tidak diimbangi dengan kesejahteraan yang sesuai. Hingga saat ini tidak pernah ditindak lanjuti oleh DPRD kota Manado atas pengajuan hearing kami pada 2 Maret 2018 lalu. Maka kami minta untuk hearing segera ditindak lanjuti,” tegasnya.

Selain itu menurut Sondakh, buruh kebersihan Pemkot Manado juga tidak mendapatkan jaminan kesehatan BPJS. Sehingga bila ada yang mengalami kecelakaan kerja belum dijaminkan dalam BPJS kesehatan maupun tenaga kerja, dan akhirnya ditanggung sendiri.

Baca juga:   Wali Kota Vicky Lumentut Hadiri Upacara Penyambutan Penjaga Perbatasan RI-Timor Leste

Lebih lanjut dalam orasinya bahkan disampaikan pada 1 Maret 2018 ada buruh kebersihan yang diberhentikan tanpa kompensasi padahal sudah ditekankan untuk tidak ada pemutusan kerja kepada buruh.

Dalam kesempatan itu, massa buruh secara langsung diterima oleh Wakit Ketua DPRD kota Manado, Richard Sualang yang didampingi legislator lainya yaitu Beny Parasan dan Roy Maramis.

“Dengan resmi DPRD kota Manado menerima penyampaian aspirasi dari rekan rekan buruh hari ini. Kami apresiasi para buruh yang melakukan aksi secara tertib hari ini, kami akan menghayati dan melaksanakan apa yang diaspirasikan oleh rekan rekan buruh,” sambut Sualang.

Dalam kesempatan itu pula Sualang menegaskan bahwa DPRD sepakat untuk melaksanakan hearing dengan pihak terkait sesuai surat yang diajukan oleh KSBSI, sehingga akan dilaksanakan hearing/dengar pendapat pada Kamis (3/5/2018) mendatang.

Selanjutnya Sualang juga menyatakan sangat menanti aspirasi para buruh dan jangan segan segan mendatangi rumah rakyat, karena sejatinya buruh merupakan bagian dari rakyat yang ada di kota Manado.

Baca juga:   Wawali Mor Buka Seminar Manado Smart City 2018

Kegiatan ini merupakan agenda kegiatan yang dilaksanakan para buruh menjelang May Day/ hari buruh internasional yang diperingati setiap tanggal 1 Mei, sebelumnya massa buruh juga mendatangi kantor Gubernur Sulut, Kantor Wilayah BPJS Sulut dan dilanjutkan ke DPRD Provinsi Sulut.

(Ferdian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *