SMS GMIM ke-79 Tahun 2018. Wapres JK: Kota Manado Adalah Kota Paling Toleran di Indonesia

oleh
Wakil Presiden Republik Indonesia, Drs Jusuf Kalla menghadiri pembukaan Sidang Majelis Sinode (SMS) Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) ke-79, di Grand Kawamua Convention City (GKIC) Kairagi, Kecamatan Mapanget, Senin (19/03/2018).

MANADO– Wakil Presiden Republik Indonesia, Drs Jusuf Kalla menghadiri pembukaan Sidang Majelis Sinode (SMS) Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) ke-79, di Grand Kawamua Convention City (GKIC) Kairagi, Kecamatan Mapanget, Senin (19/03/2018) pagi hingga siang tadi.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Republik Indonesia, Drs Jusuf Kalla memberikan apresiasi kepada Kota Manado sebagai kota paling Toleran di Indonesia. Menurut Wapres  Sulawesi Utara (Sulut) termasuk Manado memiliki kelebihan dibandingkan daerah lainnya. Dimana, daerah ini dikenal sebagai daerah dengan tingkat kerukunan umat beragama paling tinggi.

“Apresiasi yang tinggi buat Sulawesi Utara terlebih khusus Kota Manado dari saya, karena bisa menjadi Manado sebagai kota paling Toleran di Indonesia. Memang, daerah ini memiliki kelebihan yang tidak ada di tempat lain yakni kerukunan dan sikap hidup toleran masyarakatnya. Disamping kebersihan dan keamanannya yang terjaga dengan baik,” tukas Wapres JK sapaan akrab Wapres Jusuf Kalla.

Oleh karenanya, Wapres JK berterima kasih kepada GMIM sebagai organisasi keagamaan yang telah turut berperan dalam menciptakan kehidupan yang harmonis dan rukun.

Wali Kota Manado saat berfoto bersam dengan Mendagri Cahyo Kumulo di acara SMS GMIM ke-79 Tahun 2018.
Wali Kota Manado saat berfoto bersam dengan Mendagri Cahyo Kumulo di acara SMS GMIM ke-79 Tahun 2018.

“Gereja yang didalamnya ada GMIM sebagai organisasi keagamaan memberikan peranan penting bagi kondisi Sulawesi Utara dan Kota Manado yang kondusif yang aman dan rukun,” tandas Wapres JK.

Baca juga:   Wakili Bupati James Sumendap, Mokorimban Hadiri Kegiatan Penjabaran Program P/KB GMIM se- Mitra

Dirinya yakin dengan keamanan, kebersihan dan kerukunan yang ada di Sulut, daerah ini akan maju dari sektor pariwisata.

“Sekarang ini, Sulawesi Utara tengah mengembangkan sektor pariwisata dengan modal keamanan, kebersihan dan kehidupan masyarakatnya yang rukun. Saya percaya Manado dan Sulawesi Utara akan menjadi Bali kedua di tanah air Indonesia ini,” tandas Wapres JK.

Sementara, Walikota Vicky Lumentut yang hadir dalam kapasitas sebagai Ketua Komisi Pelayanan Pria/Kaum Bapa Wilayah Manado Malalayang Barat sekaligus Ketua Komisi Pelayanan P/KB Sinode GMIM terpilih Periode 2018-2022, mengatakan predikat yang diraih Kota Manado sebagai kota paling Toleran di Indonesia merupakan wujud kebersamaan pemerintah dan masyarakat Kota Manado dalam menjadikan Manado rumah kita bersama.

“Terima kasih pula kepada Pak Wakil Presiden Jusuf Kalla yang telah memberikan apresiasi untuk Kota Manado. Menjadi kota paling Toleran adalah bentuk kebersamaa serta tekad pemerintah dan masyarakat dan umat beragama di Kota Manado,” tukas Walikota Vicky Lumentut yang turut didampingi istri tercinta Prof DR Julyeta P.A Runtuwene.

Adapun SMS GMIM ke-79 yang dilaksanakan di GKIC dan beberapa gereja disekitar GKIC, dilaksanakan mulai 19 hingga 23 Maret 2018 mendatang. Dalam sidang empat tahunan ini, akan dilaksanakan pemilihan pengurus Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) Periode 2018-2022.

Baca juga:   DLH Manado Terus Giatkan Bank Sampah

Tampak hadir mendampingi Wapres JK, isteri tercinta Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Ketua Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt DR Henriette Lebang MTh, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE yang juga Ketua Panitia Plaksana SMS GMIM ke-79 tahun 2018. Usai sambutan, Wapres Jusuf melaunching aplikasi e-vote menggunakan teknologi digital dalam pemilihan BPMS nanti serta membuka secara resmi SMS GMIM ke-79 dengan membunyikan lonceng gereja.

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *