Bupati Panambunan Lakukan ‘Groundbreaking’, Pembangunan Embung Wanua Ure Dimulai

oleh
Bupati Vonnie Anneke Panambunan melakukan Groundbreaking atau peletakan batu pertama proyek pembangunan Embung Wanua Ure Airmadidi.

MINUT– Adanya sejumlah mega proyek yang beranggaran miliaran dan bahkan triliunan rupiah di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), membuktikan adanya perhatian khusus dari pemerintah pusat terhadap perkembangan pembangunan di tanah Tonsea ini. Masuknya aliran dana dari pemerintah pusat mebuktikan bahwa Kabupaten Minut mempunyai fungsi yang strategis yang bisa mendukung kemajuan pembangunan di wilayah sekitarnya.

Senin (19/3/2018), Bupati Vonnie Anneke Panambunan melakukan Groundbreaking atau peletakan batu pertama proyek pembangunan Embung Wanua Ure Airmadidi. Pembangunan yang beranggaran sekira Rp 6,4 miliar tersebut, berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1.

Bupati Vonnie Anneke Panambunan saat membawakan sambutan.
Bupati Vonnie Anneke Panambunan saat membawakan sambutan.
Bupati Vonnie Anneke Panambunan saat akan melakukan peletakan batu pertama.
Bupati Vonnie Anneke Panambunan saat akan melakukan peletakan batu pertama.

Bupati Panambunan dalam sambutannya mengatakan, anggaran dari pembangunan proyek ini berasal dari APBN lewat Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1. Untuk itu, diharapkan, setelah adanya pembangunan embung ini, tempat ini akan lebih maju, terutama membantu masyarakat dalam hal pengairan.

Baca juga:   Hugel Penyebab Utama 269 Pasangan Minut Cerai

“Dengan dibangunnya embung ini, kita bisa meraih dua keuntungan sekaligus, yakni untuk fungsi pengairan dan bisa menjadi ojek wisata,” tukas VAP sapaan akrab Bupati pilihan rakyat Minut ini.

Peletakan Batu Pertama oleh Bupati Vonnie Anneke Panambunan.
Peletakan Batu Pertama oleh Bupati Vonnie Anneke Panambunan.

Sementara itu, Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1 Djidon Watania mengatakan, pembangunan embung atau cekungan penampung ini, untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan.

pPeletakan Batu Pertama oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1 Djidon Watania.
pPeletakan Batu Pertama oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1 Djidon Watania.

”Dengan adanya embung ini, peningkatan kualitas air bisa bertambah dan bahkan bisa menjaga kualitas air tanah, mencegah bencana banjir, estetika, hingga pengairan. Jadi bisa juga digunakan petani untuk mengairi lahan di musim kemarau,” jelasnya.

Selain itu, kata Watania, embung ini akan menjadi tempat wisata, karena akan dibangun semenarik mungkin, agar bisa menjadi objek yang menarik perhatian warga.

Gambar pembangunan proyek Embung Wanua Ure.
Gambar pembangunan proyek Embung Wanua Ure.

“Nantinya bisa ditata oleh Pemkab Minut, agar bisa difungsikan sesuai harapan. Apalagi setelah bangunan ini jadi, bisa juga menikmati pemandangan dan jalan tol,” tukasnya.

Turut hadir saat peletakan batu pertama dan sosialisasi embung Wanua Ure, Sekkab Ir Jemmy Kuhu MA, Asisten II Allan Mingkid, Asisten III Jeane Symon, sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan ASN.

Baca juga:   Pantau Bapok di Pasar Tradisional Airmadidi, Wabup Lengkong Dampingi Gubernur Olly

(Budi/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *