Pendamping Dandes Berulah, 72 Kampung Belum Masukan SPJ TA 2017

oleh
Kabid Pemerintahan Desa Selvy Dalope.

TAHUNA -Meski sudah memasuki pertengan bulan ketiga tahun anggaran 2018, namun realisasi pengelolaan anggaran Dana Desa (Dandes) tahun anggaran (TA) 2017 lalu yang dituangkan dalam Surat Pertanggungjawaban (SPJ) belum secara keseluruhan 145 Kampung di Sangihe menyelesaikkannya. Hal ini secara otomatis akan berdampak pada pengelolaan Dandes TA 2018.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sangihe melalui Kabid Pemerintahan Desa Selvi Dalope ketika dihubungi SulutAktual.com tidak membantah hal tersebut. Menurutnya untuk penyelesaian SPJ Dandes TA 2017 lalu tidak terlepas dari tanggungjawab Pendamping Dandes.

“Pendamping Dandes punya peran penting dalam penyelesaian SPJ. Tapi yang terjadi sekarang adalah Pendamping Dandes dinilai justru cuek dan berulah seakan-akan lepas tanggungjawab,” ungkap Dalope.

Dalope juga menegaskan bahwa dari 245 Kampung yang ada di Sangihe baru 73 Kampung yang sudah memasukan SPJ Dandes TA 2017 lalu, sedangkan sisanya 72 Kampung belum ada dan dimasukan ke PMD. “Kami sudah memberikan penegasan baik ke Pendamping Dandes maupun Kapitalaung untuk segera menuntaskan SPJ pengelolaan Dandes TA 2017 sehingga tidak menghambat atau berdampak pada pencairan dan pengelolaan Dandes TA 2018 ini,” imbuh Dalope.

Baca juga:   Jaminan Kematian BPJS Ketenagakerjaan, Gaghana Serahkan Langsung Ke Ahli Waris

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *