Bapelitbang Manado Gelar Bimtek Penyusunan dan Evaluasi Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2019

oleh
Bapelitbang Manado Gelar Bimtek Penyusunan dan Evaluasi Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2019.

MANADO – Bimbingan Teknis Penyusunan dan Evaluasi Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2019  digelar Pemerintah Kota (Pemkot Manado) melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Manado, Kamis (08/03/2018) yang dilaksanakan di Swissbell-Hotel Manado.

Bimtek yang digelar untuk memberikan pelatihan bagi  dalam Perangkat Daerah Kota Manado dalam melakukan harmonisasi Penyusunan Renja Perangkat Daerah Kota Manado, dan menjadi  program prioritas bagi setiap perangkat daerah untuk menjadi masukan bagi penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Manado Tahun 2019.

Bimtek dibuka oleh Asisten 2 Bidang Perekonomian Hendrik Waroka ini menghadirkan tiga nara sumber yakni Kepala Bapelitbang Kota Manado Dr Liny Tambajong, Sekretaris Inspektorat dan Perwakilan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dengan focus utama bimtek adalah pelatihan cara penginputan Renstra dan Renja PD dalam sistem yang sudah terintegrasi, yaitu Sistem Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (Simral).

Baca juga:   Hibah Kementerian Pariwisata, Hotel dan Restoran di Manado Kecipratan Bantuan Rp 19,4 M

Menurut Tambajong, dengan melakukan sistem yang terintegrasi baik dalam Sistem Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan atau yang dikenal dengan SIMRAL, memungkinkan untuk keakuratan data dan pelaporan karena simral adalah sebuah sistem yang dibangun dalam rangka mengintegrasikan penerapan perencanaan pembangunan mulai dari perencanaan di tingkat bawah atau bottom up sampai dengan perencanaan tingkat atas atau top down.

“Melaui penerapan system SIMRAL, Kota Manado mendapat penghargaan AKIP yang diraih awal tahun ini dengan nilai BB, maka Pemkot Manado terus berusaha untuk mencapai nilai yang lebih baik. Dan salah satu rekomendasi dari MenPAN-RB untuk dilakukan Pemkot Manado yaitu menggunakan sistem yang sudah terintegrasi, dalam hal ini adalah Simral”, ujar Kaban Liny.

Lanjut dijelaskannya, Kota Manado awalnya sudah menjalankan Pemerintahan berbasis sistem, akan tetapi terkendala dengan belum terintegrasinya semuanya dalam satu sistem. Tapi saat ini Pemkot Manado telah mengaplikasikan sistem Simral yaitu Sistem Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan yang sudah terintegrasi.

Baca juga:   Kota Manado Ketambahan Spot Wisata Baru. Wali Kota GSVL: Puncak Manado Tua Akan Dijadikan Objek Wisata Religi

“Jadi, para operator tidak perlu lagi untuk menginput hal-hal yang sama pada beberapa aplikasi. Dengan adanya aplikasi ini, operator melakukan inputan hanya satu kali sesuai dengan Renstra dan Renja masing-masing PD, tentu saja sesuai dengan RPJMD. Jadi, setiap Perangkat Daerah akanmenginput Renstranya mulai dari Visi, Misi, Tujuan dan lain sebagainya hanya melalui satu psimstem ini. Dan melalui Bimtek ini, para operator dari tiap perangkat daerah  akan didampingi oleh Tim BPPT dan dibantu oleh Tim Simral Bapelitbangda Kota Manado dalam Proses penginputan data,” pungkasnya.

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *