Kukuhkan 2 Poktan, DPKP Manado Siap Bangun Industri Pertanian di Kota Manado

oleh
Kadis DKP Manado Nolfie Talumewo sat memberikan sertifikat pengukuhan kepada Poktan.

MANADO – Untuk mengembangkan sector pertanian di Kota Manado, Pemkot Manado melalui Dinas Pertanian, Kelautan Dan Perikanan Kota Manado memberikan sertifikat pengukuhan kepada 2 kelompok tani (poktan), Kamis (1/3/2018). Penyerahan sertifikat pengukuhan untuk Poktan Wangi Buha dan Poktan Petra Wanea diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian, Kelautan Dan Perikanan Kota Manado Ir Nolfie Talumewo.

Menurut Talumewo, pemberian sertifikat pengukuhan untuk kelompok tani adalah wujud pengakuan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado terhadap Pokta.

Pemberian Sertifikat pengukuhan untuk Kelompok Tani.
Pemberian Sertifikat pengukuhan untuk Kelompok Tani.

“ Ini merupakan wujud pengakuan Pemkot Manado terhadap Poktan dan juga memberikan kepastian hokum akan keabsahan Pokta. Dan ini bukan untuk yang pertama kalinya karena sebelumnya DKPP Manado juga pernah memberikan setifikat pengukuhan ke beberapa Poktan beberapa waktu lalu,” Tukas Talumewo.

Lanjut dikatakannya, hal terebut cukup beralasan, mengingat fungsi kelompok tani dalam pembangunan sangat vital. Kebijakan pembangunan pertanian muaranya adalah petani yang tergabung dalam kelompok tani. Dan ini juga merupakan amanah Peraturan Menteri Pertanian Nomor 82 Tahun 2013 tentang Pedoman Pembinaan Kelompok tani dan Gabungan Kelompok tani.

Baca juga:   Bupati Sehan Landjar Lepas 30 CJH Asal Boltim

“Dengan pemberian sertifikat ini, diharapkan mampu memacu Poktan untuk berprestasi dan bekerja lebih baik lagi. Tugas saya bersama teman-teman penyuluh bekerja sama dengan camat dan lurah untuk meningkatkan agar pembangunan pertanian di Kota Manado bisa dipertahankan karena kebutuhan pangannya juga tidak berkurang, bahkan terus bertambah,” pungkasnya.

Untuk diketahui beberapa Poktan yang telah diberikan sertifikat pengukuhan dari Pemkot Manado mengembangkan beberapa tanaman pangan dengan komoditas unggulan, seperti Jagung, Pisang, Kelapa serta usaha peikanan.

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *