Bibit Jagung Bantuan Kementan RI Disalurkan di Enam Kecamatan di Kota Manado

oleh
Plt Kepala DPKP Manado Ir Nolfie Djoike Talumewo.

MANADO– Untuk menggairahkan sector pertanian di Kota Manado, Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan bibit jagung kepada kelompok tani (Poktan) di Kota Manado untuk tahun 2018.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Manado Nolfie Talumewo, Kamis (22/2/2018). Menurutnya, bantun tersebut kini telah disalurkan DPKP Manado kepada poktan di beberapa Kecamatan di Kota Manado.

“DPKP Manado telah menyalurkan bantuan bibit jagung dari Kementerian Pertanian kepada poktan di enam kecamatan. Bibit jagung tersebut akan ditanam di lahan seluas 1500 hektare yang tersebar di wilayah Kota Manado,” kata Talumewo.

Dilanjutkannya, bantuan diberikan melalui Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Manado dan disalurkan kepada poktan di wilayah-wilayah tersebut sesuai dengan luasan lahan yang digarap.

“Poktan yang mendapatkan bantuan bibit dan pupuk dari Kementan itu berasal dari Kecamatan Mapanget, Bunaken, Malalayang, Tikala, Paal Dua, dan Singkil. Dan yang pasti total bantuan bibit yang diberikan untuk tahun ini adalah untuk lahan seluas 1.500 hektare, serta pupuk sebagai stimulan kepada poktan,” katanya.

Talumewo sedikit menjelaskan proses pembagian bibit jagung kepada poktan, karena untuk lahan seluas 1 hektare bibit yang diperlukan sebanyak 15 kg bibit jagung, maka jika poktan mengelola lahan sekitar 10-20 hektare akan mendapatkan sebanyak 150 sampai 300 kg bibit.

Baca juga:   Tugas Ke Singapura, Waworuntu Pelajari Pengelolaan Sampah

“Untuk satu poktan penerima bantuan beranggotakan sekira 7-10 orang, dan mereka tetap mendapatkan pendampingan oleh tenaga penyuluh dari dinas pertanian kelautan dan perikanan agar poktan bisa melakukan penanaman dengan benar, dan juga nanti bisa meningkatkan produksi jagung yang pada akhirnya bermuara pada peningkatkan kesejahteraan petani,” pungkasnya.

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *