TIM PENEGAKAN PERDA Bergerak Di Wenang, 50 Pelanggar Kena Jaring

oleh
Camat Wenang Donald Sambuaga (biru) saat sedang melakukan giat penertiban penegakan Perda.

MANADO- Penegakan terhadap Peraturan Daerah no 7 tahun 2006 tentang sampah, Perda 18 tahun 2002 tentang Ketertiban Umum, Perwako no 7 tahun 2006 dan Perwako no 4 tahun 2018 tentang Penataan dan Penindakan Parkir di Kota Manado serta Operasi Tangkap Tangan (OTT) bagi pelanggar kembali dilakukan.

Tim penegakan Perda yang dipimpin Kepala Bagian Hukum (Kabaghukum) Setdakot Manado Yanti Putri SH MH bersama Kasatpol PP Xaverius A. Runtuwene, Camat Wenang Donald Sambuaga AP MSi, anggota Satpol PP , TNI/Polri dan Tripika Kecamatan Wenang, aparat kecamatan, 12 Lurah se Kecamatan Wenang, serta 56 Kepala Lingkungan (Pala) se Kecamatan Wenang, menyisir wilayah Kecamatan Wenang, Jumat (26/1/2018) pagi hingga siang tadi.

Alhasil, dalam OTT pagi hingga siang tadi, berhasil menjaring 50 orang pelanggar hukum dan langsung dilakukan sidang terbuka saat itu juga di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) Manado.

Baca juga:   Sekarang, Buat KTP Tak Harus ke Kantor Disdukcapil

Camat Wenang Donald Sambuaga kepada sulutaktual.com mengatakan, penegakan akan perda kembali giat dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan Kota Manado yang nyaman, bersih, tertib dan teratur.

” Tim Penegakan Perda melakukan penertiban terhadap oknum warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan, berjualan di atas trotoar, meletakkan bahan/material di atas trotoar serta parkir kendaraan di atas trotoar. Semua pelanggaran tersebut ditindaki,” tukas Camat Donald.

Lanjutnya, dan bagi pelanggar yang kena OTT akan diganjar dengan denda Rp 100 ribu atau kurungan selama 3 (tiga) hari jika tidak mau bayar denda, dan bagi pelanggar yang tak menghadiri sidang akan didenda sebesar Rp150 ribu atau kurungan selama 1 minggu jika tidak mau membayar denda.

Untuk itu, Camat Wenang pun tak lupa berpesan dan mengimbau khusus bagi warga Manado dan terlebih khususnya bagi warga Kecamatan Wenang, agar menaati aturan.

Baca juga:   Gelar Workshop. Tambajong: Renstra - RPJMD Mesti Selaras

“Marilah menaati peraturan yang sudah dibuat, serta berpartisipasi secara aktif untuk menjaga kebersihan dan ketertiban. Apalagi saat ini telah dibentuk TIM PENEGAKAN PERDA Pemkot Manado. Jangan sampai anda terkena OTT karena kedapatan membuang sampah sembarangan, karena akan terkena denda dan bahkan bisa kena hukuman kurungan badan,” pesan Camat jebolan STPDN ini.

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *